NewsProfile

Saxophonis David Liebman

David Liebman adalah saxophonis dan flautis asal Amerika. Pada Juni 2010, ia menerima penghargaan prestasi seumur hidup NEA Jazz Masters dari National Endowment for the Arts

Pria yang lahir di Brooklyn, New York, Amerika Serikat pada 4 September 1946 ini belajar piano klasik pada usia sembilan tahun dan saksofon saat berusia dua belas tahun.

Ketertarikannya pada jazz dipicu setelah melihat John Coltrane tampil secara live di klub-klub New York City seperti Birdland, Village Vanguard, dan Half Note.

Sepanjang sekolah menengah dan perguruan tinggi, Liebman mengejar minat jazznya dengan belajar bersama Joe Allard, Lennie Tristano, dan Charles Lloyd.

Setelah lulus dari New York University (dengan gelar dalam Sejarah Amerika), ia mulai serius mengabdikan dirinya untuk mengejar penuh waktu menjadi seorang musisi jazz.

Di periode awal 1970-an, setelah rekaman dengan Genya Ravan dan Ten Wheel Drive, Liebman mengambil peran utama (sebagai Presiden) dalam mengorganisir beberapa lusin musisi menjadi Koperasi, Free Life Communication, yang menjadi bagian integral dari ruang skena New York yang subur pada awal tahun 1970 dan didanai oleh Dewan Kesenian dan Ruang untuk Pengembangan yang Inovatif. negara bagian New York.

Setelah satu tahun dihabiskan dengan Ten Wheel Drive, salah satu grup fusion jazz awal, Liebman mengambil posisi saxophone / flute dengan grup drummer John Coltrane, Elvin Jones. Dalam dua tahun, Liebman mencapai puncak periode magang ketika Miles Davis mulai menghire-nya.

Tahun 1970–74, diisinya dengan banyak tur dan rekaman namun pada saat yang sama, Liebman mulai menjelajahi musiknya sendiri, pertama di Open Sky Trio dengan Bob Moses dan kemudian dengan pianis Richie Beirach di grup Lookout Farm. Grup ini rekaman untuk label ECM dari Jerman serta A & M Records saat melakukan tur ke AS, Kanada, India, Jepang, dan Eropa. Lookout Farm dianugerahi posisi nomor satu dalam kategori “Grup Layak Pengakuan Lebih Luas” dalam Poling Kritikus International yang diselenggarakan majalah DownBeat tahun 1976. Di periode ini dia juga bermain dan merekam bersama Pee Wee Ellis.

Pada tahun 1977, Liebman melakukan tur dunia dengan pianis Chick Corea, ditindaklanjuti tahun berikutnya oleh pembentukan David Liebman Quintet dengan anggota John Scofield, Kenny Kirkland dan Terumasa Hino sebagai sideman. Setelah beberapa tur dunia dan rekaman oleh quintet selama tiga tahun, ia bersatu kembali dengan Richard Beirach. Mereka mulai tampil dan merekam sebagai duo, serta membuat grup Quest pada tahun 1981. Dimulai dengan bassist George Mraz dan drummer Al Foster, grup ini dipadatkan ketika Ron McClure dan Billy Hart bergabung pada 1984. Hingga 1991, Quest merekam tujuh CD, melakukan tur secara ekstensif dan melakukan banyak lokakarya dengan siswa di seluruh dunia.

Setelah 23 tahun bersama Dave Liebman Group (menampilkan gitaris Vic Juris), Liebman membentuk “Ekspansi” menjangkau generasi muda yang menampilkan bassis Tony Marino, pianis Bobby Avey, pada alat tiup Matt Vashlishan dan Alex Ritz pada drum.

Selama beberapa dekade terakhir, Liebman sering tampil dengan artis-artis jazz Eropa ternama seperti Joachim Kühn, Daniel Humair, Paolo Fresu, Jon Christensen, Bobo Stenson dan di World View Trio dengan drummer Austria Wolfgang Reisenger dan bassis Prancis Jean-Paul Celea.

Kemampuannya untuk bermain dalam berbagai gaya telah membawa pada pertunjukan band besar dan orkestra radio dengan Brussels Jazz Orchestra, WDR dan NDR di Jerman, Orchestra Metropole Belanda, grup musik baru Klangforum Wien dari Wina dan, terutama , Liebman adalah improvisasi pertama yang tampil bersama Ensemble InterContemporain yang terkenal di dunia yang didirikan oleh Pierre Boulez di Perancis. Pada semua kesempatan ini, musik disusun dari komposisi dan improvisasi Liebman sendiri. Dia telah secara konsisten ditempatkan di antara finalis teratas dalam Down Beat Critic’s and Reader’s Polls sejak 1973 dalam kategori Soprano Saxophone dan kadang-kadang, flute. Lieb telah muncul dalam beberapa ratus rekaman di mana seratusan diantaranya ia menjadi leader atau co-leader.

Hampir tiga ratus komposisi asli telah direkam. Output artistiknya berkisar dari jazz klasik langsung ke musik kamar, dari fusion hingga avant garde, dengan banyak CD yang menampilkan arasnemen dari musik Thelonious Monk, Miles Davis, Coltrane, Kurt Weill, Alec Wilder, Cole Porter, Antônio Carlos Jobim, Puccini, hingga The Beatles.

Liebman telah menerbitkan materi tentang berbagai subjek termasuk DVD instruksional. Dia juga telah menerbitkan musik kamar dan selama bertahun-tahun telah memberikan kontribusi secara teratur ke berbagai majalah, seperti Saxophone Journal dan International Association of Jazz Educators Journal. Dia adalah penulis beberapa buku tonggak: Self Portrait of a Jazz Artist, Jazz Connections: Miles Davis and David Liebman, A Chromatic Approach to Jazz Harmony and Melody, dan Developing a Personal Saxophone Sound. Beberapa buku-buku ini telah diterjemahkan ke bahasa lain.

Kegiatan mengajarnya di universitas dan kliniknya membawa dirinya berkeliling dunia karena kemampuannya mengartikulasikan seluk-beluk teknik, estetika dan bahasa jazz.

Selama bertahun-tahun, ia secara teratur menerima penerima beasiswa untuk belajar bersamanya yang didanai oleh NEA (AS), Dewan Kesenian Kanada, serta Dewan Seni dari banyak negara Eropa. Pada tahun 1989, ia mendirikan Asosiasi Sekolah Internasional Jazz (IASJ), sebuah organisasi yang didedikasikan untuk pendidik jaringan dan siswa dari sekolah jazz internasional melalui pertemuan berkala, program pertukaran dan buletin. Liebman saat ini menjabat sebagai Direktur Artistik IASJ. Dia mencetak musik untuk Perusahaan Ballet JazzEx di Belanda pada awal 1990-an dan Ocean of Light untuk Katrina dan tragedi tsunami pada tahun 2006. Liebman sempat menjadi Artis di Residence di Manhattan School of Music dan akan visiting Artist di Universitas Toronto untuk tahun 2014-15.

Liebman dan ahli musik Lewis Porter bekerja sama untuk mengembangkan What It Is: The Life of a Jazz Artist, biografi tentang Liebman. Dirilis pada Maret 2012, buku ini diterima dengan baik oleh para kritikus jazz.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker