News

Dukungan MLDSPOT Kepada MLDJAZZPROJECT Season 3 untuk menjadi The Next Big Thing

Ketika berbicara karya musik, adanya album sangatlah penting terutama bagi si pencipta lagu dan segenap musisinya itu sendiri. Seperti sebuah monument, karya-karya musik yang dihasilkan tersebut dituang dalam sebuah wadah bernama album rekaman. Dari sinilah baik para musisi, pencipta lagu hingga penyanyi bisa mengklaim bahwa  memiliki eksistensi  karya dalam bentuk yang otentik dan nyata! So, dari album rekaman suatu koleksi audio atau musik tersebut kemudian akan didistribusikan secara komersil untuk bisa dinikmati publik. Seiring perubahan jaman, bentuk album rekaman yang dirilis pun mengalami perubahan. Dimulai dari pringan hitam, kaset lalu berganti ke format CD, hingga format digital seperti MP3 dan yang sedang booming sekarang ini adalah streaming audio.

Dalam perjalanan MLDSPOT mencari musisi muda dari berbagai daerah di Indonesia untuk bergabung dalam suatu band solid melalui event keren tahunan bertajuk MLDARE2PERFORM, telah berhasil membentuk MLDJAZZPROJECT Season 3. Sebagai langkah lanjutan dan bukti dukungan MLDSPOT terhadap MLDJAZZPROJECT Season 3 yang diawaki oleh Windy Hariyadi (vocal), Hansen Arief (drum), Hezky Joe (gitar), M. Rizky (bass), Yosua (piano) dan Erick Giri (wind & brass section) agar dikenal masyarakat luas, maka hadirlah album MLDJAZZPROJECT Season 3 yang diperkenalkan pada hari ini dengan single “Dahulu”.  Sebuah masterpiece rilisan The Groove di tahun 1999 yang hingga hari ini masih saja disukai oleh masyarakat penikmat musik pop jazz.  Single “Dahulu” ini sendiri telah dirilis sejak September 2018 lalu.

Nikita Dompas selaku salah satu perwakilan juri MLDJAZZPROJECT Season 3, cukup mengerti akan pertanyaan besar mengenai keberanian membuat album di tengah kondisi ranah musik khususnya di tanah air yang lebih dibanjiri single dari pada full album. “Kembali lagi bahwa album adalah sebuah monument yang sangat penting bagi semua musisi maupun penyanyi. Kami ingin memberikan dukungan serta apresiasi yang luar biasa terhadap para pendatang baru berbakat yang tersaring melalui ajang MLDARE2PERFORM tahun 2017, sehingga lewat album ini mereka bisa menunjukan karya-karyanya kepada masyarakat luas. Dan semoga kedepannya mereka-mereka ini dapat menjadi The Next Big Thing di belantika musik Indonesia,“ lanjut Nikita Dompas.

Bagi para personil MLDJAZZPROJECT Season 3, dirilisnya karya-karya perdana mereka dalam sebuah album komersial merupakan sebuah lompatan besar dalam karir bermusik sekaligus menjadi perwujudan yang begitu cepat terhadap mimpinya untuk bisa dikenal luas oleh masyarakat penikmat musik. Karena sudah diketahui secara umum bahwa untuk merilis satu single saja perlu usaha yang cukup besar, apalagi sebuah album rekaman yang sudah pasti membutuhkan sumber daya luar biasa.

“Terima kasih kepada MLDSPOT yang telah memberikan kesempatan besar serta akses yang sangat berharga pada kami semua untuk menunjukkan segenap talenta bermusik melalui  MLDJAZZPROJECT Season 3. Kami berenam bangga menjadi pemenang dari kompetisi bergengsi yang juga memberikan ruang untuk mengembangkan kemampuan musikalitas kami sebagai musisi baru dan terlebih lagi dengan arahan dan dukungan dari tim juri serta para Music Director MLDJAZZPROJECT Season 3 yang sangat membantu kami untuk mampu menghadirkan karya dalam bentuk album rekaman. Semoga apa yang telah kamui lakukan kedepannya bisa menjadi sebuah inspirasi dan motivasi bagi pecinta musik di Indonesia”, ujar Windy, sang vokalis.

Di dalam Album MLDJAZZPROJECT Season 3 yang sudah bisa diunduh melalui Digital Store yang berisi 10 lagu dengan komposisi enam lagu original karya masing-masing personil dengan tambahan empat lagu recycle untuk menunjukkan sisi musikalitas mereka.  Agar lebih menyatukan visi dan menjaga tetap pada corak musik yang ingin dimunculkan, maka dihadirkan sejumlah Music Director (MD) antara lain Nikita Dompas, untuk 6 lagu original yang dibuat para pemenang, Indra Perkasa untuk lagu “Di Dadaku Ada Kamu” dan Ronald Steven, lagu “Dahulu”, “Prahara Cinta” dan “Kala Cinta Menggoda”.

Ronald Steven, musisi senior dan bagian dari Tim Music Director MLDJAZZPROJECT Season 3 merasa sangat senang kembali didaulat dalam project ini. “Kami sebagai tim Music Director berupaya agar  semua karya-karya dari para  awak MLDJAZZPROJECT Season 3 ini bisa dinikmati oleh khalayak penikmat musik Indonesia tanpa harus kehilangan karakteristik unsur jazz  dan dapat memberikan sentuhan warna baru pada musik tersebut,” jelas sosok yang banyak terlibat sebagai bassis pengiring Glenn Fredly, Andien, Agnez Mo, dan Sandy Sundoro. Kiprahnya berlanjut sebagai penulis lagu, produser [Bayu Risa], dan aranjer, serta sering dipercaya sebagai Music Director pertunjukkan musik off air dan on air ini.

Bersamaan dalam rangka peluncuran album MLDJAZZPROJECT Season 3, dirilis pula video klip Single “Dahulu” yang dibuat dan dikemas secara kekinian oleh video maker handal Hendra Raymond. Tayangan videoklip yang bisa dilihat di channel Youtube ini sebagai bentuk visualisasi dari cerita lagu tentang kehidupan kita dengan berbagai adegan masa lalu hingga masa sekarang yang diperankan para jawara MLDJAZZPROJECT Season 3 tersebut.

“Konsep video klip-nya cukup simple yang terinspirasi dari cerita tentang kehidupan manusia sesuai dengan lagu “Dahulu” dan disitu ada adegan past and present. Tantangan menariknya adalah bagaimana para pemeran yang merupakan personil MLDJAZZPROJECT Season 3 ini bisa tampil secara natural di depan kamera kendati mereka belum pernah sama sekali  belajar akting.  Dalam prosesnya sangat seru dan mereka cukup professional bisa mengikuti apa yang saya arahkan,” ungkap Hendra.

Tentunya menjadi sebuah pengalaman luar biasa dalam bermusik ketika para personil MLDJAZZPROJECT Season 3 ini yang sudah dibuatkannya album rekaman, kemudian ditambahkan juga pengalaman skill berakting lewat keterlibatan secara langsung dalam proses pembuatan video klipnya.

“Sekali lagi ini menjadi salah satu pengalaman terbaik dalam hidup ketika kecintaan kita terhadap musik sangat diapresiasi oleh MLDSPOT. Tidak semua orang terutama kita sebagai pendatang baru yang mulai meniti karir di bidang musik bisa mendapatkan kesempatan emas yang tidak cukup hanya dibuatkan album rekaman saja tapi sekaligus merasakan bagaimana melatih skill berakting di depan kamera yang jujur bagi kami sebelumnya itu sekedar impian belaka. Tapi kini semuanya telah terwujud dan diharapkan  kedepannya kami dapat terpacu lebih maksimal lagi memberikan karya yang terbaik untuk musik Indonesia,” tutup Windy, sang vokalis.

Sebagai pihak yang ikut menggerakan dan terus mendukung perkembangan musik d Indonesia MLDSPOT berharap dengan dirilisnya album MLDJAZZPROJECT Season 3 ini dapat dikenal dan diterima masyarakat pecinta musik di tanah air. Harapaan yang cukup sederhana namun disertai dengan keyakinan tinggi karena talenta-talenda muda ini adalah pilihan dan dengan berbagai dukungan yang ada termasuk  ‘jalan tol’ berupa full album, semoga akan menjadi sesuatu yang besar  serta sumbangsih positif untuk ranah musik Indonesia.

Ikuti terus update seputar MLDJAZZPROJECT Season 3 dan berita seputar lifestyle lainnya hanya di www.mldspot.com.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker