NewsProfile

GoGo Penguin – band jazz eksperimental dari Manchester Inggris

Trio piano jazz eksperimental piano GoGo Penguin berasal dari Manchester, Inggris.

Didirikan oleh pianis Chris Illingworth, bassis Nick Blacka, dan drummer Rob Turner pada tahun 2012.

Mereka meracik lansekap melodic dengan ketukan skittering dinamis dan elemen elektronik, sehingga  menciptakan perpaduan memabukkan ala Massive Attack dan Brian Eno laksana jazz tradisional atau klasik. Bahkan dalam beberapa situs mereka disenyawakan dengan Esbjörn Svensson Trio, Aphex Twin, Squarepusher hingga komposer klasik modern seperti Shostakovich dan Debussy bahkan komposer kontemporer seperti Philip Glass.

Mereka merilis sepasang album di label Gondwana, pertama lewat Fanfares (2012), kemudian memperluas cakupan soniknya dengan v2.0 di tahun 2014 – album yang terakhir yang mendapat ganjaran nominasi Mercury Prize.

Pada awal 2015, mereka membuat kesepakatan dengan Blue Note Records dan mulai merekam LP ketiga mereka. Album – berjudul Man Made Object – tiba pada awal 2016. Yang disusul album kedua untuk label yang sama – A Humdrum Star – dirilis pada Februari 2018.

Dalam wawancara bersama Washington Post, Blacka bercerita “Saya tidak tahu apa motivasi untuk datang ke pertunjukan kadang-kadang karena [orang] akan mengatakan, ‘Saya belum pernah mendengar tentang Anda,'” kata Blacka. “Mungkin mereka hanya ingin melihat band dengan nama konyol. Saya tidak tahu. “

“Aku lebih dari latar belakang jazz,” kata Blacka. “Chris [Illingworth] adalah seorang pianis klasik, jadi dia memiliki cara berbeda dalam memandang musik. Banyak aturan jazz yang melekat pada saya sementara [disaat yang bersamaan] dia tidak takut untuk melanggarnya, [dan itu] sangat menyegarkan”

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker