Profile

Arpi Alto Bossanova yang membahana dengan suara langka

Arpine Ter-Petrosyan, yang nama seninya adalah Arpi Alto, adalah seorang penyanyi, penulis lagu, musisi, dan produser rekaman asal Armenia.

Ia lahir dalam keluarga seniman dan musisi. Ibunya, Anahit Ter Petrosyan, adalah seorang seniman jazz Jerman. Ayahnya, Mikayel Ter Petrosyan, adalah seorang pematung, pelukis, dan ahli dalam pembuatan karpet tangan.

Dia mendapatkan pendidikan tinggi sebagai pianis di Universitas Pedagogi Negara Khachatur Abovyan di Armenia dan menyelesaikan gelar master pada tahun 2016. Karir profesionalnya dimulai pada tahun 2011, ketika dia bergabung dengan Vocal Ensemble of Geghard Monastery, dan pada tahun 2013 dia diterima di Teater Akademik Nasional Opera dan Balet Armenia Alexander Spendiaryan.

Dia adalah anggota grup musik kontemporer Armenia The Naghash Ensemble. Dia bernyanyi selama beberapa tahun dengan Naghash Ensemble, yang mengkhususkan diri dalam reinterpretasi puisi Armenia dari Abad Pertengahan.

Arpi menjadi terkenal di Brasil setelah memposting versi-versi klasik bossa nova terkenal dunia di media sosial. Dia mencapai kesuksesan besar dengan versinya dari klasik bossa nova Brasil seperti Garota de Ipanema, The Way You Look Tonight, dan samba Mas que Nada. Dia telah melakukan tur di lebih dari 15 negara di Eropa, Timur Tengah, dan Rusia.

Dia menyanyi dalam bahasa Armenia, Inggris, Rusia, dan Portugis. Pada tahun 2021, dia merilis album pertamanya, My Soul in the Mountains.

Vokal Arpi cenderung pada jenis vokal contralto, berada di antara mezzo-soprano dan contralto, menjadikannya sebagai bakat langka.

Arpi diundang oleh BNI Java Jazz Festival 2023 dan tampil pula dalam ajang Kura-kura Jazz Festival Bali 2023

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker