FestivalJava Jazz FestivalNews

GoGo Penguin dan Retrospektif Java Jazz Festival

Sudah terduga dari ritual panggung GoGo Penguin belakangan ini, “Raven” tancap gas di gigi sedang, trance tipikal Hall B–kali ini B1 dan tuan rumahnya Traveloka–dari bertahun-tahun penyelenggaraan Java Jazz Festival (JJF). Nomer perkenalan ini pas dipilih untuk yang asing dengan trio asal Manchester yang main perdana di Indonesia malam itu (01/03/’19). Dari mulai ramu identitas mesin drum rapat, up-tempo Rob Turner, babak-babak sinematik permainan piano Chris Illingworth, hingga inspirasi unik judulnya.

Walaupun instrumennya akustik, faktor venue lagi, tema musik electronica bikin toleran terhadap bocor-bocor suara dari hall sebelah; Nick Blacka terlihat total, percaya diri, tetap fokus pada interaksi grupnya, saat improvisasi bunyi harmonik halus bas betot “Strid” sekalipun. Ya, tetap saja ada kompensasi festival vs konser intim, misalnya pola melodik tom yang disetem dari pojok drum Turner pada rekaman lagu tersebut tidak tereproduksi saat live.

Akibat hall yang mengingatkan pada penampilan Nils Petter Molvær (ekstrimnya 2014 itu cuma ada dirinya, terompet, dan laptop), jadinya retrospektif, terlempar lagi dari masa lalu panggung-panggung yang hilang dari JJF belakangan, panggung yang menyerasikan arahan artistiknya vs profil penampil dari katalog akustik, bentuk bangun jazz yang justru tidak diperdebatkan.

***

GoGo Penguin selain menyortir trip hop “Window”, “Transient State” dengan fitur loop piano, dan beberapa trek lain dari “A Humdrum Star” (Blue Note Records, 2018), juga pilih dua nomer “One Percent” dan “Hopopono” dari tahun-tahun debut mereka pada label yang berbeda “v2.0” (Gondwana Records, 2014). Mungkin mereka pun sama, menjadikan mengingat sebagai cara tetap berpijak. JJF pun mungkin bisa begitu, dalam skala yang berbeda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker