NewsProfile

Lennie Tristano

Lennie Tristano

Leonard Joseph (Lennie) Tristano lahir pada 19 Maret 1919 di Chicago, Illinois.

Lennie dilahirkan dengan penglihatan yang lemah, tetapi menjadi buta sepenuhnya pada usia sepuluh tahun. Kedua orang tuanya beremigrasi dari Italia, dan ibunya, seorang pianis dan penyanyi opera, mengajarinya musik.

Di sebuah sekolah di Chicago untuk para tunanetra, Tristano mempelajari klarinet, cello, dan saksofon serta piano.

Skena jazz Chicago yang berkembang membangkitkan minat Lennie yang remaja, yang sering berkelana sendirian ke klub-klub Afrika-Amerika di sisi selatan kota, di mana ia pertama kali mendengar rekaman pemain saksofon Charlie Parker dan yang lainnya. Parker jelas – dan Lester Young mempengaruhi permainan Lennie Tristano dalam perkembangan karirnya.

Dia lulus dari Chicago’s American Conservatory of Music pada tahun 1943, dan dengan cepat memantapkan dirinya sebagai guru dan penampil. Di sana ia bertemu dengan pemain saksofon Lee Konitz dan Bill Russo, seorang pemain terompet dan arranger, keduanya menjadi mahasiswa dan pendukung dari apa yang kemudian disebut ‘Sekolah Tristano’ dari jazz.

Ia menikah dengan penyanyi Judy Moore pada 27 Juli 1945.

Tahun 1946, keluarga Tristanos pindah ke Freeport, Long Island. Lennie membentuk trio dengan pemain bass dan gitar, dan itu tidak lama sebelum dia tampil dengan Charlie Parker dan Dizzy Gillespie.

Kritikus jazz Barry Ulanov mempromosikan permainan Tristano melalui tulisannya di majalah Metronome, yang memberi Lennie penghargaan Musisi Tahun Ini pada tahun 1947.

Pendekatan Tristano terhadap jazz tidak lazim di zaman itu. Kecakapannya pada swing dan bebop, Solonya yang linier menunjukkan sifat kontrapuntal dari Bach, sementara gagasan harmonis dan ritmisnya konsisten dengan bebop tetapi mengambil konsepsi lebih jauh.

Pada tahun 1949 Tristano membentuk sextet dengan Konitz, gitaris Billy Bauer, dan pemain saksofon tenor Warne Marsh. Rekaman mereka merangkum gaya signature Tristano dalam garis panjang yang mengalir, irama aneh, dan tandingan musik. Kelompok ini merekam dua bagian, ‘Intuisi,’ dan ‘Digresi,’ yang keduanya sepenuhnya diimprovisasi, tanpa struktur musik yang sudah diatur sebelumnya. Sepuluh tahun kemudian, pemain saksofon Ornette Coleman mengadopsi pendekatan ini dan digembar-gemborkan oleh banyak orang sebagai penemu “jazz gratis,” tetapi kelompok Tristano yang melakukannya terlebih dahulu.

Tristano juga membangun studio rekaman di lotengnya, tempat ia bereksperimen dengan overdub pada komposisinya ‘Ju-Ju’ dan ‘Pastime’. Dia merekam trio dengan Peter Ind pada bass dan Roy Haynes pada drum, dan kemudian overdub bagian piano kedua. Beberapa kritikus menolak eksperimennya, tetapi banyak yang tak dapat mengenali perbedaan saat mendengarkannya. Dia melanjutkan praktik ini dengan rekaman tahun 1953 ‘Descent into the Maelstrom’ yang tidak dirilis hingga tahun 1970-an.

Pada tahun 1955, Tristano membuat beberapa rekamannya yang paling penting bersama Peter Ind dan drummer Jeff Morton merekam beberapa chorus dari chord yang berubah menjadi standar ‘All Of Me,’ dan Tristano overdube solo pianonya. Lagu ini, ‘Line Up’, menjadi penampilannya yang paling terkenal.

Kepribadian Tristano yang ‘sulit’ dan kritiknya yang tajam terhadap komersialisme dalam musik menjadikannya kerap dianggap sebagai musuh, meskipun kontribusinya terhadap jazz lebih baik daripada segala keanehan tersebut.

Disiplin dan belajar tetap menjadi fokusnya bagi dirinya dan murid-muridnya. Gairahnya yang tak kenal kompromi terhadap musik tidak pernah goyah. Karena, seperti yang ia katakan, “Tidak ada gunanya bagi saya untuk memainkan sesuatu yang tidak saya rasakan.”

Tristano meninggal pada 18 November 1978 di New York City pada usia 59.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker