NewsProfile

Scott LaFaro – Pemain double bass

Scott LaFaro Photo by Gene Gammage

Lahir 3 April 1936 di Irvington, New Jersey, putra seorang musisi band besar, Rocco Scott LaFaro masih berusia lima tahun ketika keluarganya pindah ke Jenewa, New York adalah seorang pemain double-bass jazz Amerika yang dikenal karena karyanya dengan Bill Evans Trio.

Dia mulai bermain piano di sekolah dasar,  bass klarinet di sekolah menengah, dan tenor saxophone ketika memasuki sekolah menengah.

Instrumen double bass mulai digelutinya saat berusia 18 sebelum memasuki perguruan tinggi karena belajar instrumen string diperlukan dari jurusan pendidikan musik.

Setelah tiga bulan di Ithaca College, ia berkonsentrasi pada bass. Dia bermain berkelompok di College Spa dan Joe’s Restaurant di State Street di pusat kota Ithaca.

Mulai tahun 1955, ia adalah anggota band besar Buddy Morrow. Dia meninggalkan organisasi itu untuk bekerja di Los Angeles. LaFaro menghabiskan sebagian besar hari-harinya berlatih instrumennya. Dia berlatih dengan buku klarinet untuk meningkatkan fasilitasnya. Bassist Red Mitchell mengajarinya cara mencabut senar dengan jari telunjuk dan jari tengah secara independen. Untuk sebagian besar tahun 1958 ia bersama band Victor Feldman.

Pada tahun 1959, setelah bekerja dengan Chet Baker, Stan Kenton, Cal Tjader, dan Benny Goodman, LaFaro kembali ke timur dan bergabung dengan Bill Evans, yang baru saja meninggalkan Miles Davis Sextet. Bersama Evans dan drummer Paul Motian ia mengembangkan gaya kontra-melodi yang akan menjadi ciri khas permainannya. Evans, LaFaro, dan Motian berkomitmen pada gagasan tiga suara yang sama dalam ketiganya, bekerja bersama untuk gagasan musikal tunggal sering tanpa waktu yang disebutkan.

Pada akhir 1960, LaFaro sangat laris. Dia menggantikan posisi bassis Charlie Haden untuk Ornette Coleman pada Januari 1961. Untuk sementara waktu, Haden dan LaFaro berbagi apartemen. Dia juga bermain di band Stan Getz sambil bermain dengan trio Bill Evans. Dalam periode ini pula ia menerima kartu ucapan dari Miles Davis yang menunjukkan bahwa Davis ingin mempekerjakannya.

Pada Juni 1961, trio Bill Evans memulai dua minggu pertunjukan di Village Vanguard di New York City. Ketiganya menarik perhatian karena gayanya. Hari terakhir direkam untuk dua album, Minggu di Village Vanguard dan Waltz untuk Debby.

Naas menimpa LaFaro yang meninggal dalam kecelakaan mobil pada 6 Juli 1961 di Flint, New York di Rute 20 AS antara Jenewa dan Canandaigua,  empat hari setelah menemani Stan Getz di Newport Jazz Festival.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker