FestivalNews

Jakarta Fusion Republic! dipimpin salahsatu ikon jazz fusion 80an, Emerald BEX

30 tahun lalu mereka menggoyang panggung kompetisi tingkat dunia, Band Explosion tingkat dunia di Tokyo, Jepang. Mereka sukses merebut silver grandprize winner alias juara ke 3. Plus “bonus”, best player u kibordis dan drummer.

Perjalanan mereka sebagai salah satu ikon penting jazz fusion Indonesia sebetulnya dimulai sejak 1986. Muncul dengan menjadi kampiun di kompetisi band paling bergengsi, di saat itu, Light Music Contest (LMC).
Dan LMC di 1987 berganti nama menjadi Band Explosion, mereka kembali ikut di tahun 1988, dan kembali menjadi jawara nomer wahid di tingkat nasional. Berlanjut ke tingkat Asia Oceania, yang menghantar mereka tampil di babak final dunia di Tokyo tersebut.

Awalnya mereka bernama Emerald saja. Tapi mereka harus vakum sekitar 5 tahun, terutama juga setelah Ricky Johanes (vokalis) meninggal dunia.
Di tahun 2012 mereka kembali muncul dengan nama Emerald BEX dengan formasi Roedyanto (bass), Morgan Sigarlaki (gitar) dan Iwang Noorsaid (kibor). Mereka waktu itu memutuskan, posisi drummer diisi additional player, begitu pula vokalis.

Dalam perjalanan panjang mereka, sempat merilis beberapa album rekaman dari Cemas (1988), Karapan Sapi (1990), Baralek Gadang (1991), Marunda (1994), The Best of (2010) dan Beda (2015).

Hingga kini mereka tetap eksis, di tengah-tengah jadwal padat masing-masing personilnya di proyek musiknya sendiri. Dan tetap mempertahankan identitas khas musik mereka, jazz fusion yang light, enjoyable dan entertaining.
Yang menarik dari musik mereka itu, selalu menyelipkan lagu-lagu unik, fusion dengan suasana tradisi Nusantara. Tetapi tanpa menyertakan instrumen tradisi, secara live, sama sekali.

Mereka siap merilus single terbaru, ‘Jakarta’ yang kental suasana Betawi, di penghujung Oktober 2019 ini.
Lewat konser akrab bertajuk Jakarta Fusion Republic! di Hard Rock Cafe, Jakarta, pada tanggal.31 Oktober nanti.

Emerald Bex

Formasi mereka saat ini, menyertakan drummer muda, Yandi Andaputra, yang telah resmi sebagai anggota tetap. Didukung vokalis, yang seringkali membantu Emerald BEX, yang adalah mantan vokalis YovieNUNO, Dudy Oris.

Dimana Dudy Oris akan ikut tampil pula nanti di Hard Rock Cafe.
Selain itu akan ikut tampil memeriahkan penampilan musik khas dan unik Emerald BEX, Ava Victoria. Ava adalah salah satu violinis muda perempuan terbaik saat ini.

Info tiket dengan Tyas Yahya, 0896 35542303 (text only)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker