News

Rayakan International Jazz Day 2016 di @america bersama YK Samarinda

Kelompok band asal kota tepian Samarinda, yang terdiri dari Yusuf Koen (guitar, sape), Andy King (bass), M. Iqbal (drums) dan Iyin Seiman (Keyboards) dan tergabung dalam YK Samarinda akan tampil dalam sebuah perayaan hari Jazz Internasional atau International Jazz Day yang jatuh pada tanggal 30 April 2016.

Perayaan setiap tahunnya semenjak ditetapkan oleh UNESCO dengan Goodwill Ambassadornya, pianis Herbie Hancock ini juga dirayakan di Indonesia semenjak penetapannya empat tahun lalu.

WartaJazz bekerjasama dengan pusat kebudayaan Amerika @america menyelenggarakan International Jazz Day setiap tahunnya dengan pemilihan artis atau talent yang biasanya memiliki latar belakang musisi muda dan berbakat ataupun mereka yang mengawinkan budaya asli salah satu daerah di Indonesia dengan Jazz.

Sepanjang kegiatan IJD yang pernah dilaksanakan telah menampilkan Shadu Rasjidi Band feat Joey Alexander (2013), Nial Djuliarso (2014) dan LANTUN Orchestra: When Betawi meets Jazz (2015).

***

YK Samarinda adalah sebuah band jazz fusion yang menggabungkan beberapa instrumen tradisi suku dayak yang mendiami wilayah di Kalimantan Timur. Instrumen Sape yang berbentuk mirip gitar adalah instrumen utama yang dipakai oleh YK Samarinda.

YK Samarinda - International Jazz Day 2016
YK Samarinda – International Jazz Day 2016

Mereka telah merilis sebuah album bertitel Jazz for Borneo. Lewat album inilah mereka mendapat kesempatan tampil di negeri jiran Malaysia dan tampil diacara Borneo Jazz Festival yang diselenggarakan dikota Miri, Sarawak pada tahun 2014 silam.

Sebelum tampil di Miri, mereka telah mendapat kesempatan tampil di Mahakam Jazz Fiesta, Samarinda lalu Balikpapan Jazz Fiesta dan Java Jazz Festival tahun 2014. Tahun lalu YK Samarinda diundang oleh TongTong Fair di Den Haag Belanda dan tampil dalam empat kali pertunjukan yang selalu dipenuhi penonton.

Oktober 2015 lalu mereka juga tampil di Korea Selatan dalam acara Jarasum International Jazz Festival di Gapyeong-gun (sekitar 3 jam perjalanan darat dari Seoul) dan KF Cheong Gyeon World Music Festival di Seoul.

Saat ini YK Samarinda tengah mempersiapkan album kedua sebelum rencananya akan melakukan tour ke Eropa dan Amerika Serikat pada tahun 2017 mendatang.

***

Saksikan penampilan mereka di @america Mal Pacific Place, lantai 3 pada hari Sabtu, 30 April 2016 mulai pukul 19.00 hingga 20.30 wib. Acara ini tidak memerlukan registrasi dan tidak dipungut biaya.

Selamat merayakan Jazz!.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker