News

Trombonis bebop Bennie Green

Seorang solois bebop yang mumpuni meskipun gayanya memiliki akar era swing yang kuat, Bennie Green adalah seorang trombonis dan pemimpin band utama di tahun 40, 50, dan 60-an.

Suara dan nadanya yang besar dan bulat, serta pendekatannya sangat dipengaruhi oleh tradisionalis seperti Trummy Young. Solo Green menyenangkan dan selalu diekskusi dengan baik, tetapi dia tidak pernah seambisius permainannya seperti trombonis zaman akhir seperti JJ Johnson atau Curtis Fuller.

Dilahirkan di Chicago, Illinios, AS, pada 16 April 1923, dan meninggal 23 Maret 1977, di San Diego, California, AS.

Green memiliki latar belakang musik, salah satu saudara lelakinya memainkan saksofon tenor dengan band Roy Eldridge. Dia belajar di Sekolah Menengah Du Sable yang terkenal di Chicago dibawah bimbingan Kapten Walt Dyett, kemudian mulai bermain secara profesional dengan grup lokal.

Budd Johnson merekomendasikan Green kepada Earl Fata Hines di awal tahun 40-an, dan dia bekerja dengan Hines hingga 1948 (kecuali untuk dua tahun bertugas di Angkatan Darat). Dia bermain dengan Gene Ammons untuk waktu yang singkat, kemudian dengan Charlie Ventura di akhir tahun 40-an dan awal 50-an.

Dia melakukan tur dengan Hines lagi dari tahun 1951 hingga 1953 lalu Green memimpin kombonya sendiri di tahun 50 dan 60-an, sering dengan Charlie Rouse atau Jimmy Forrest. Dia juga bekerja dengan Sonny Clark, Paul Chambers, Sarah Vaughn, Ike Quebec, Booker Ervin, dan Elvin Jones.

Green tampil konsernya dan rekaman bersama Duke Ellington pada tahun 1968.

Green menetap di Las Vegas pada akhir 60-an, bekerja di band hotel. Green juga ditampilkan dalam rekaman yang dibuat di Festival Newport di New York pada awal tahun 70-an. Bennie Green tercatat sebagai pemimpin untuk Jubilee, Prestige, Blue Note, Enrica, Time, dan Vee-Jay Records.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker