News

Stanley Jordan

Meskipun bukan orang pertama yang menggunakan teknik tapping, keahlian yang luas dari gitaris Stanley Jordan memberinya kemampuan untuk memainkan dua baris yang sepenuhnya independen pada gitar (seolah-olah itu adalah keyboard).

Biasanya seorang gitaris menggunakan dua tangan untuk memainkan setiap nada. Satu tangan menekan senar gitar di belakang fret yang dipilih untuk menyiapkan nada, dan tangan yang lainnya memetik senar untuk memainkan nada itu. Teknik sentuh Jordan adalah bentuk lanjutan dari ketukan dua tangan.

Gitaris ini menghasilkan nada hanya dengan satu jari dengan mengetuk jarinya dengan cepat dibelakang fret yang sesuai. Dampaknya menyebabkan senar bergetar cukup untuk membunyikan nada, dan volume dapat dikontrol dengan memvariasikan kekuatan tumbukan. Tekniknya memungkinkan gitaris memainkan melodi dan akord serentak. Hal ini juga mungkin seperti yang telah Jordan tunjukkan untuk bermain secara bersamaan pada dua gitar yang berbeda, juga gitar dan piano.

Jordan lahir di Chicago, Illinois, AS, pada 31 Juli 1959, awalnya belajar piano, dia beralih ke gitar ketika berusia 11 tahun. Setelah lulus dari Princeton pada tahun 1981, Jordan bermain di band rock dan soul. Pada tahun 1978, ia mulai memenangkan penghargaan di Reno Jazz Festival. Di Universitas Princeton, dia belajar teori dan komposisi musik dengan Milton Babbitt dan musik komputer dengan Paul Lansky. Setelah itu, dia memiliki kesempatan untuk bermain dengan: Benny Carter dan Dizzy Gillispie, dan setelah merekam album solo di lebel Tangent nya sendiri, ia menanda-tangani kontrak dengan Blue Note Records.

Stanley Jordan bisa memainkan jazz yang luar biasa, tetapi dia sering menyia-nyiakan bakatnya pada materi yang lebih rendah. Diantara banyak albumnya adalah; “Magic Touch” (1985), “Standards” (1986), “Stolen Moment” (1990-an), “Bolero” (1994), “Dreams of Peace” (2003), dan “State of Nature” (2008).

Pada tahun 2011, Jordan bergabung dengan: pemain saksofon Kenny Garrett, pamain trompet Nicholas Payton, pemain bass Christian McBride, dan drummer Kenwood Dennard untuk album, “Friends”.

Pada tahun 2015, ia berpasangan dengan sesama gitaris Kevin Eubanks untuk album cover ekektik, “Duets” yang juga memamerkan keterampilan Jordan bermain piano.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker