News

Mari ikuti UPH National Jazz Competition 2021

Pandemi Covid19 telah membatasi banyak aktivitas di luar rumah, membuat kita yang lebih banyak di rumah mencoba berbagai hal baru, mulai dari membiasakan diri teleconference dan live streaming, mencoba instrumen lain, merekam virtual band, membuat rekaman di rumah, serta hal-hal lainnya.

Kemudahan akses terhadap berbagai genre musik di berbagai platform digital juga memuaskan kecintaan akan musik Jazz di kalangan orang-orang muda, sehingga banyak bermunculan musisi-musisi jazz muda di Indonesia. Untuk merangkul talenta-talenta muda yang membutuhkan panggung untuk menunjukkan eksistensi dan karyanya, dibutuhkan ajang kompetisi musik Jazz yang membuat mereka dapat bersaing dengan sehat.

Ajang kompetisi musik jazz bagi musisi muda merupakan bagian penting dalam sebuah ekosistem musik karena di ajang tersebut mereka dapat mengasah kemampuan bermusik maupun bisa mendapatkan pengalaman karyanya diapresiasi dan dikurasi oleh praktisi musisi jazz yang lebih senior.

Oleh karena itu Conservatory of Music UPH sebagai institusi pendidikan yang berkomitmen serius terhadap pengembangan sumber daya manusia khususnya di bidang musik melalui departemen Jazz & Pop mengadakan UPH National Jazz Competition yang terbuka untuk anak-anak muda dengan rentang usia siswa SLTA (sampai dengan usia maksimal 25 tahun), dan dilakukan secara daring.

UPH National Jazz Competition adalah kompetisi ansambel jazz berskala nasional dengan juri yang terdiri dari pengajar Conservatory of Music UPH (Sri Hanuraga) dan musisi jazz yang berkiprah di tingkat nasional maupun intenasional seperti Gerald Situmorang dan Indra Lesmana.

Selain hadiah berupa uang dengan total puluhan juta rupiah bagi juara pertama, kedua, dan ketiga, serta hadiah khusus bagi seorang best instrumentalist, para finalis akan mendapatkan sesi workshop bersama juri nasional dan akan mendapatkan evaluasi dari dewan juri secara daring.

Dari ajang kompetisi UPH National Jazz Competition ini diharapkan akan bermunculan bibit-bibit musisi jazz yang memberi warna segar bagi skema musik jazz dan menjadi generasi penerus musik jazz Indonesia.

***

Kamu yang tertarik mengikuti UPH National Jazz Competition ini tinggal menyiapkan karya terbaik tinggal mengikuti prosedur dibawah ini.

Pendaftaran dibuka hingga 5 Februari 2021 16 Februari 2021 (Perpanjangan waktu Pendaftaran, red) dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Follow akun IG @uphmusic
  2. Subscribe youtube UPH Conservatory of Music
  3. Pastikan akun IG dan Youtube tidak private
  4. Unggah video ke platform media IG/ Youtube masing-masing
  5. Berikan hashtag #UPHNationalJazzCompetition2021
  6. Jika video sudah siap, silahkan submit link video tersebut pada link pendaftaran – http://bit.ly/uphjazzcompetition2021
  7. Link video ditunggu paling lambat pengumpulan video adalah tanggal 16 Februari 2021 pukul 23:59

Adapun jadwal lengkap kegiatan ini sebagai berikut:

  1. Pendaftaran tutup 16 Februari
  2. Proses penjurian 16-27 Februari
  3. Pengumuman 6 finalis terbaik di babak pertama 27 Februari
  4. 28 Februari workshop 6 finalis dengan @srihanuraga & @geraldsitumorang
  5. 27 Maret – Live video performance finalis, komentar juri, & pengumuman pemenang

Masih ada yang mau ditanyakan? Silakan langsung DM Instagram @uphmusic ya!

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker