News

Gitaris Nels Cline

Sampai pertengahan 2000-an, gitaris Nels Cline mungkin paling terkenal karena karyanya dalam grup kuartet musik dan proyek lain dalam jazz, rock, dan avant-garde.

Cline dilahirkan di Los Angeles, California, AS, pada 4 Januari 1956, mulai bermain gitar di usia 12 tahun, ketika saudara kembarnya Alex mulai belajar drum.

Pada saat Cline mencapai usia 20, dia sangat terlibat dalam komunitas improvisasi di LA, dan pada tahun 1978 ia muncul di rekaman pertamanya, “Openhearted” album dari multi instrumentalis Vinny Golia. Ia kemudian tampil di lebih 70 rilisan, memimpin beberapa grupnya sendiri, termasuk Nels Cline Trio dan Sektetnya.

Ia mulai bermain jazz pada 1980-an, dan seringkali bekerja dengan saudara kembarnya Alex Cline. Dia juga pernah bekerja dengan musisi funk dan rock alternatif seperti Mike Watt dan Thurston Moore selain memimpin Nels Cline Singers, Nels Cline Trio dan Nels Cline 4.

Dia dinobatkan sebagai gitaris terbesar dan berada diurutan ke-82 sepanjang masa oleh majalah Rolling Stone pada November 2011, dan dia juga ditampilkan dalam cerita sampul oleh majalah Guitar Player untuk karyanya dengan grup Wilco.
Cline menikah dengan Yuka Honda.

Pernikahan mereka berlangsung di kampung halaman Honda di Jepang pada November 2010. Mereka bertemu melalui Mike Watt ketika dia membentuk grup Floored by Four. Cline bergabung dengan Honda sebagai gitaris tamu di band Yoko Ono Plastic One untuk tur mereka pada tahun 2010, Cline juga bergabung dengan Honda dan bandnya yang bernama Cibo Matto di Solid Sound Festival 2005.

Sepanjang kariernya Cline mengeluarkan puluhan albumnya sebagai pemimpin band dari: ‘Elegies” (1981) hingga “Gowanus Sessions II” (2020).

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker