News

Tubby Hayes – Tubby’s New Groove

Rekaman ini pernah menghilang dari tahun 1959 dan ditemukan lagi pada tahun 2008 oleh Michael Cuscuna diantara barang-barang pribadi milik Blue Note Records, Alfred Lion yang disimpan di rumahnya sendiri.
Sesi ini sebenarnya direkam untuk Tempo Records di London selama Desember 1959 dengan para musisi: Tubby Hayes (tenor saksofon), Terry Shannon (piano), Jeff Clyne (bass) dan Phil Seamen (drum).
Enam lagu termasuk dua lagu asli Hayes, masing-masing dari Gil Fuller/Chano Pozo dan Charlie Parker, ditambah dengan beberapa lagu standar. Hayes dalam kondisi yang kuat dan lancar dengan dukungan yang luar biasa dari bagian ritme. Kualitas suara yang bagus terlepas dari beberapa gangguan dan jazz modern yang menggembirakan album ini masih terdengar segar sekitar 60 tahun kemudian.
Album yang dirilis kembali pada tahun 2011 ini, menunjukkan dan tanpa diragukan lagi, Hayes adalah musisi jazz terbaik Inggris, bukan karena dia sering bermain dalam jenis musik lain. Album ini secara keseluruhan menampilkan permainan yang mempesona, bermain solo panjang lebar. Pada lagu tercepat seperti, “The Trolley Song” dia mengambil lagu untuk perjalanan yang pontang-panting. Pada lagu lain; “Visa” dan “Hook’s Way” dia menunjukkan dirinya sebagai pemain blues yang meyakinkan. Tetapi yang benar-benar menarik adalah antusiasme dia untuk memainkan segalanya.
Musik di album ini dianggap adalah salah satu bagian terpenting dalam sejarah jazz di Inggris yang ditemukan dalam waktu yang cukup lama. Lebih dari setengah abad kemudian, bakat Tubby Hayes yang luar biasa masih mengejutkan pendengar yang dapat terus mengagumi kemampuan bermusiknya yang luar biasa dan album yang sangat layak dikoleksi oleh para pecinta jazz.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker