News

Norman Granz – Jazz at the Philharmonic-1940s

Granz adalah seorang promotor konser, manager, produser rekaman, dan aktivis hak-hak sipil, menjadi salah satu pendukung jazz yang paling penting di tahun 1940 dan 1950-an. Dia merekam dan mempromosikan beberapa tokoh jazz terbesar termasuk Charlie Parker, Coleman Hawkins, dan Art Tatum.
Pada tahun 1944, Norman Granz melihat sebuah peluang. Ketegangan rasial di kota telah meningkat, yang mengarah pada kerusuhan Zoot Suit tahun 1943 dan pengadilan pembunuhan Sleepy Lagoon, di mana 17 pemuda Meksiko Amerika dikirim ke penjara.
Granz, yang selalu melawan kefanatikan dan rasisme, dia memutuskan untuk mengadakan konser jazz besar-besaran untuk mengumpulkan uang bagi para terdakwa. Dia mengarahkan pandangannya ke aula konser Philharmonic Los Angeles pada 2 Juli 1944, dan Jazz at the Philharmonic pun lahir.
Lebih dari dua ribu orang hadir. Konser tersebut menampilkan Nat King Cole, JJ Johnson, Illinois Jacquet, Les Paul. Konser tersebut direkam untuk kemudian disiarkan di Radio Angkatan Bersenjata.
Granz terus mengorganisir konser Jazz at the Philharmonic sepanjang tahun 1944. Salah satu keputusan brilian yang dia buat adalah merekam konser. Pada titik ini, konser langsung dimaksudkan untuk dilihat secara langsung. Granz bagaimanapun, berpikir mungkin ada pasar untuk sesi musik jazz live bagi mereka yang berada di Amerika tengah yang tidak bisa datang ke LA untuk menonton yang asli. Dan dia benar, “Jazz at the Philharmonic, Vol 1” terjual sangat baik untuk pemilik lebel Moe Asch, dan kemudian di rekaman Mercury hingga tahun 1950-an.
Segera, dia membawa Dizzy Gillespie dan Charlie Parker untuk tampil dalam serial tersebut, menjadikan bebop bagian dari Jazz at the Philharmonic.
Granz juga membawa penyanyi Billie Holiday, yang merupakan fitur dari sesi jam sebelumnya di Trouville. Billie Holiday akan menjadi pokok Jazz di Philharmonic, dan satu-satunya penyanyi unggulan mereka, selama tiga tahun kedepan.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker