News

Bassis produktif Rufus Reid

Seorang bassis produktif yang selalu ada di studio rekaman, Rufus Reid muncul di banyak sesi hard-bop, bebop, swing, dan bahkan beberapa sesi musik pop.
Nadanya yang tertahan namun tegas dan tajam, waktu, kepekaan harmonis, dan ayunan yang terlihat, diterima di sesi apapun.
Rufus Reid salah satu bassis dengan reputasinya yang mapan di arena pendidikan. Selama lima tahun dia mengikuti Workshop Komposer Jazz BMI yang membuatnya semakin mendalami dunia mengarang.
Dia telah menulis untuk orkestra string, ansambel, jazz besar dan kecil, band konser, ensambel bass ganda dan komposisi bass solo, termasuk, “Mass Transit”, komposisi tiga gerakan simfoni Reid, yang ditayangkan pada tahun 2011.
Musisi kelahiran 10 Februari 1944, di Atlanta, Georgia, AS, pertama kali memainkan instrumen trompet, namun dia beralih ke bass saat bertugas di Angkatan Udara AS.
Dia bermain dengan Buddy Montgomery di Sacramento, CA. Kemudian belajar musik di Seattle dan Chicago pada akhir 1960-an dan awal 1970-an. Reid bekerja di Chicago pada dengan Sonny Stitt, James Moody, Milt Jackson, Curtis Fuller, dan Dizzy Gellispie. Dia juga rekaman denga: Kenny Dorham, Dexter Gordon, Lee Konitz, dan Howard McGhee pada tahun 1970. Reid juga melakukan tur internasional beberapa kali dengan: Bobby Hutcherson, kuintet Horald Land, Freddie Hubbard, Nancy Wilson, Eddie Harris, dan Dexter Gordon selama tahun 70-an.
Reid pindah ke New York pada tahun 1976, bermain dengan kuartet yang dipimpin oleh: Thad Jones dan Mel Lewis, dan mengajar di William Petterson College di Wayne, New Jersey, mulai tahun 1979.
Dia merekam dengan Lee Konitz, Ricky Ford, Jack DeJohnette, dan Kenny Burrel, juga dengan kuintet yang dipimpin oleh: Frank Wess dan Art Farmer, kemudian berduet dengan: Kenny Burrel dan Horald Danko di tahun 80-an. Dia telah memimpin grup dengan drummer Akira Tana sejak tahun 80-an yang disebut TanaReid.
Buku Rufus Reid “The Evolving Bassist” yang diterbitkan sejak 1974, terus diakui sebagai standar industri sebagai metode bass definitif. Januari 2020, edisi millinium buku itu diterbitkan. Pada Desember 2003, DVD “The Evolving Bassist” dirilis, DVD berdurasi dua setengah jam ini juga menawarkan tampilan konser, menampilkan Mulgrew Miller dan Lewis Nash.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker