NewsProfile

Freda Payne

Freda Payne yang multi talenta terkenal karena karier bernyanyinya, namun dia juga tampil di musikal dan berakting di film selama bertahun-tahun, dan sebentar menjadi pembawa acara bincang-bincang di acara TV nya sendiri.
Terlahir sebagai Frida Charcilla Payne pada 19 September 1942, di Detroit, Michigan, AS, ia mengembangkan apresiasi musik pada usia dini (karena penyanyi jazz seperti Ella Fitzgerald, Sarah Vaughn, dan Billie Holiday).
Karier musiknya sendiri berkembang segera setelah itu, saat ia mulai menyanyikan jingle komersial radio, yang membawa vokalis muda ini menjadi perhatian Berry Gordy Jr yang berusaha mengonrak Payne keperusahaan rekamannya yang sedang berkembang di Motown Records, sementara Duke Ellington mempekerjakan Payne sebagai penyanyi utama dengan orkestra terkenalnya selama dua malam di Pittsburgh, sehingga menawarkan kontrak sepuluh tahun kepada remaja tersebut, Ibu Payne menolaknya.
Selama awal hingga pertengahan 60-an, ia memantapkan dirinya sebagai vokalis jazz yang bagus, berkeliling dengan Quincy Jones dan Bill Cosby, dan mengeluarkan album berbasis jazz/big band pada tahun 1963, “After the Light Go Down and Much More!!!”.
Selain itu upaya mahasiswi tahun kedua ini juga muncul tiga tahun kemudian dengan merilis album, “How Do You Say I Don’t Love You Anymore”.
Payne menikmati ekposure lebih lanjut melalui penampilan di acara TV seperti Johnny Carson, David Frost, dan Merv Griffin. Sampai Payne menanda-tangani kontrak dengan lebel Invictus pada tahun 1969 (dipimpin oleh teman lamanya, mantan penulis lagu, dan produser Motown Records, Eddie Holland, Lamont Dozier, dan Brian Holland) dan mengeluarkan album bagus, “Band of Gold” lagu albumnya berhasil menerobos di peringkat ke-3 di Amerika Serikat dan menduduki puncak tangga lagu di Inggris pada tahun 1970.
Meskipun Freda Payne tidak menikmati hit lain yang substansial seperti, “Band of Gold” beberapa single lainnya menyusul di awal 70-an diantaranya adalah “Deeper and Deeper, “Cherish Dear to You”, “You Brough the Joy” dan lagu protes perang Vietnam “Bring the Boys Home”.
Album-album lainnya menyusul sepanjang tahun 70-an, termasuk judul-judul seperti: “Contact”, “Reaching Out”, “Payne & Pleasure”, “Out of Payne Comes Love”, “Stares & Whispers”, “Supernatural High” dan “Hot” yang semuanya gagal membuat kesan di tangga lagu.
Payne kemudian mengalihkan perhatiannya dari musik ke TV, saat dia membawakan acara bincang-bincang (namun berumur pendek) pada tahun 1981 “Today Black Woman”.
Tahun 90-an, melihat Payne kembali ke musik seperti album, “An Evening With Freda Payne” dikeluarkan, sementara dia juga mendapatkan peran dalam film seperti “Private Obsession”, “Sprung”, dan “Ragdoll”.
Payne terus menyeimbangkan karier akting dan musik selama awal abad ke-21. Saat ia muncul dalam komedi Eddie Murphy tahun 2000 “Nutty Professor II: The Klumps” dan film yang dibuat untuk TV “Fire & Ice”, plus mengeluarkan album baru tahun 2001, “Come See About Me”.
Sekitar waktu yang sama, beberapa kompilasi hit dikeluarkan, termasuk judul-judul seperti “Band of Gold: The Best of Freda Fayne”, “Unhooked Generation: The Complete Invictus Recordings”, dan “The Best of Freda Payne: Ten Best Series”.
impulse! Records merilis ulang album, “After the Lights Go Down Low” pada tahun 2005, tetapi gagal menambahkan materi bonus.
Dia kembali pada tahun 2007 dengan album, “On the Inside” yang merupakan kumpulan dari lagu-lagu pribadinya. Pada tahun 2009, ia kembali tampil kali ini di acara American Idol, membawakan lagu paling ikoniknya.
Pada Juni 2014, Payne merilis album studio yang dipengaruhi jazz berjudul, “Come Back to Me Love”.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker