News

Acoustic Alchemy – paduan khas jazz, klasik, flamenco, dan new age.

Dikenal karena suara instrumentalnya yang canggih dari London, Inggris, Acountic Alchemy muncul pada tahun 1980-an yang memainkan perpaduan khas antara jazz, klasik, flamenco, dan new age.
Dibentuk oleh Nick Webb dan Simon James. Awalnya band ini membuat dua album yang kurang direspon dengan baik. Pada pertengahan 1980-an, Simon James meninggalkan grup untuk membentuk kelompok Kymaera, sebuah band yang serupa namun lebih berorientasi pada musik latin.
Pada tahun 1985, Nick Webb bertemu dengan Greg Carmichael, seorang gitaris dengan sebuah band pub London bernama The Holloways yang menjadi penerus Simon James. Pasangan baru ini mendapatkan pekerjaan sebagai band pada penerbangan Virgin Atlantic ke dan dari Amerika Serikat.
Enam minggu setelah mengirimkan demo ke MCA Records, band ini dipanggil untuk merekam album pertama mereka, yang dirilis pada tahun 1987, “Red Dust and Spanish Lace”. Tampil di album ini: Mario Argandoña pada perkusi dan Bert Smaak pada drum. Album ini adalah yang pertama dari banyak rekaman di Hansa Haus Studios, di Bonn, Jerman, di mana mereka bertemu dengan sound engineer Klaus Genuit yang mengerjakan banyak album band. Dua album lagi menyusul MCA: “Natural Elements” (1988) dan “Blue Chip” (1989). Judul lagu dari, “Natural Elements” menjadi musik tema untuk program TV BBC “Gardeners World”.
Acoustic Alchemy segera dipindahkan ke lebel jazz GRP saat MCA Records membeli GRP pada Februari 1990. Kemudian enam album lagi menyusul, di mulai dengan, “Reference Point” (1990) menampilkan cover lagu, “Take Five” nya Dave Brubeck, album ini berhasil dinominasikan untuk Grammy Award.
Untuk album kedelapan mereka, “Arcanum” (1996) band ini merekam ulang beberapa lagu populernya. Album ini direkam di Pinewood Studios London dengan bagian string dari London Metropolitan Orchestra. Koleksinya termasuk tiga lagu baru “Columbia”, “Something She Said” dan “Chance Meeting”. Album ini diproduksi oleh Aubry “Po” Powell yang bekerja dengan Pink Floyd, Paul McCartney, Jimmy Page, dan Robert Plant.
Acoustic Alchemy merilis album, “Positive Thingking” (1988) yang menjadi album terakhir dengan vokalis asli Nick Webb. Itu direkam selama seminggu di Manor House dekat Bath, Inggris, di Monkton Combe. Direkam oleh Steve Jones, musisi tersebut adalah Greg Carmichael (gitar), John Sheppard (drum), dan Dennis Murphy (bass).
Nick Webb didiagnosis menderita kanker pankreas sebelum mengerjakan album tersebut dan meninggal pada 5 Februari 1998.
Setelah kematian Nick Webb, Greg Carmichael membawa Miles Gilderdale sebagai rekannya, dan band tersebut memindahkan label ke Higher Octave Music, album debut dengan lebel tersebut adalah, “The Beautiful Game” (2000) yang lebih eksprimental, meminjam dari beberapa genre musik. Ini menampilkan pengenalan Anthony “Fred” White pada keyboard.
“AArt” (2001) dirilis setahun kemudian dan dinominasikan untuk Grammy Award untuk kategori Album Instrumental Kontemporer Terbaik.
Kemudian, “Radio Contact” (2003) berisi, “Little Laughter” lagu pertama band dengan vokal, dibawakan oleh Jo Harrop adalah vokalis latar yang ditemukan oleh Gilderdale selama sesi dengan penyanyi latin Enrique Iglesias.
Di tahun itu juga mereka merilis DVD “Sound of St. Lucia: Live”.
Awal tahun 2006, bassis Frank Felix keluar dari band untuk lebih berkonsentrasi pada proyek lain. Posisi itu diisi oleh pemain bass mantan dari grup Incognito dan Down to the Bone, Julian Crampton dan gitaris Gary Grainger.
GRP merilis ulang video konser/dokumentar Acoustic Alchemy berjudul “Best Kept Secret” pada 25 Juli 2006.
Album, “This Way” (2007) yang menampilkan musisi tamu pemain trompet Rick Braun dan Down to the Bone. Selanjutnya grup ini merilis, “Roseland” mengikutinya di tahun 2011.
Berikutnya Acoustic Alchemy berturut-turut mengeluarkan album; “Live in London” (2014) dan “33 1/3” (2018).

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker