News

Delfeayo Marsalis

Delfeayo Marsalis putra dari Dolores dan Ellis Louis Marsalis Jr, seorang pianis dan profesor musik, ia juga merupakan cucu dari Ellis Marsalis Sr, dan saudara laki-laki dari Wynton Marsalis (pemain trompet), Brandford Marsalis (pemain saksofon), dan Jason Marsalis (drummer).
Delfeayo Marsalis juga memiliki dua saudara yang bukan musisi:Ellis Marsalis III adalah seorang penyair, fotografer dan spesialis jaringan komputer yang tinggal di Baltimore, dan Mboya Kenyatta adalah seorang autis dan merupakan inspirasi utama Delfeayo Marsalis untuk mendirikan Uptown Music Theatre yang berbasis di New Orleans. Dibentuk pada tahun 2000, UMT telah melatih lebih dari 300 pemuda dan mementaskan delapan musik orisinil yang kesemuanya dilandasi oleh misi persatuan masyarakat.
Lahir 28 Juli 1965, di New Orleans, Lousiana, AS, pemain trombone jazz, produser dan pendidik ini telah merekam delapan albumnya sendiri mulai dari, “Pontius Pilate’s Decision” (1992) hingga “Jazzy Party” (2020), dan dia juga dikenal dengan karyanya sebagai produser rekaman jazz akustik.
Dia adalah seorang yang ahli berimprovisasi yang dipengaruhi sejak awal oleh trombonis JJ Johnson. Awalnya muncul sebagai produser pada tahun 1980-an, mengerjakan album untuk saudara-saudaranya Branford dan Wynton Marsalis, serta karya-karya dari Harry Connick Jr, Courtney Pine, Marcus Roberts dan lainnya.
Itu semua telah memperkuat reputasinya sebagai musisi yang tangguh dalam dirinya sendiri, yang pemahamannya akan tradisi jazz cocok dengan ide-ide kreatifnya yang seringkali bersifat konseptual.
Bersama dengan insinyur “Tonight Show” Patrick Smith, Delfeayo Marsalis menyatakan ungkapan yang terutama bertanggung jawab atas pergeseran banyak rekaman jazz dari produksi rock and roll kebangkitan rekaman akustik. Pertama kali muncul di album, “Renaissance” (1987) Brandford Marsalis, yang merupakan penentu kualitas rekaman dari banyak rekaman jazz akustik sejak akhir 1980-an.
Delfeayo Marsalis adalah lulusan Berklee College of Music, dan pada tahun 2004 menerima gelar MA dalam pertunjukkan jazz dari Universitas Louisville.
Delfeayo Marsalis, bersama ayah dan saudara laki-lakinya adalah penerima grup NEA Jazz Masters Award 2011.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker