News

Darryl Jones

Darryl Jones pemain bass ini lahir disisi selatan Chicago, Illinois, AS, pada 11 Desember 1961, dalam keluarga musik. Ayahnya seorang drummer, mengajarinya bermain drum.
Ketika ia melihat seorang tetangganya bermain bass di acara pencarian bakat di sekolah, dia kemudian beralih keinstrumen bass. Jones mulai belajar, dan dalam waktu satu tahun dia sudah memainkan pertunjukkan pertamanya, bersama saudara laki-lakinya pada gitar, di sekolah dasar mereka.
Setelah menyelesaikan program musik di Chicago Vocational High School, Jones bermain bersama: Vincent Wilburn Jr, Matthew Rose, dan Perry Wilson. Dia kuliah di Southern Illinois University Carbondale.
Jones bermain dalam pertunjukkan di sekitar Chicago dengan: Ghailib Ghallab, Otis Clay, Ken Chaney, dan Phil Upchurch.
Pada usia 21 tahun, dengan bantuan teman lamanya Vincent Wilburn Jr yang juga merupakan keponakan dari Miles Davis, Jones tampil dengan ikon jazz legendaris itu, yang dengannya dia bermain selama lima tahun ke depan. Dia juga dapat di dengar di album Davis seperti: “Decoy” (1984) dan “You’re Under Arrest” (1985), dan beberapa album konser live.
Pada tahun 1985, Jones menjadi anggota band solo pertama Sting bersama Branford Marsalis, Kenny Kirkland, dan Omar Hakim.
Dengan Sting dia merekam album “Dream of the Blue Turtles” dan album live “Bring on the Night”, serta muncul dalam film dokumentar dengan judul yang sama tentang formasi dan tur band.
Jones juga melakukan tur dan rekaman sesi dengan Herbie Hancock & The Headhunters, Madonna, Eric Clapton, dan banyak lagi.
Selama waktu ini dia membuat jejaknya di kancah musik jazz elektrik New York di mana dia bermain dan merekam bersama John Scofield, Hiram Bullock, Gil Evans Big Band, dan Step Ahead. Jones juga bermain di band Peter Gabriel selama 1988, “Human Right Now!” dipertunjukkan tur.
Jones menjadi anggota tur The Rolling Stones pada tahun 1993 setelah bassis Bill Wayman pensiun. Ia telah melakukan tur dan rekaman dengan band sejak itu.
Selama kariernya, Jones telah banyak menjadi musisi sesi, selain yang disebutkan diatas ia juga bermain untuk rekaman Patti LeBelle, Philip Bailey, Joan Armatrading, BB King, Rod Stewart, Ronnie Woos, Ziggy Marley, Neil Young, dan LeAnn Rimes.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker