News

Niels-Henning Ørsted Pedersen

Niels-Henning Ørsted Pedersen adalah pemain bass asal Denmark. Dia pernah menerima Penghargaan Grammy pada tahun 1974, untuk kategori Penampilan Jazz Terbaik oleh Grup, The Trio-Oscar Peterson, Joe Pass dan Niels-Henning Ørsted Pedersen, dan pernah memenangkan Jajak Pendapat Kritikus Downbeat sebagai Pemain Bass Terbaik Tahun ini 1981, juga The Council Nordic Music Prize di tahun 1981.
Ørsted Pedersen lahir di Osted, dekat Roskilde, Selandia, Denmark, pada 27 Mei 1946 dan meninggal 19 April 2005, di Ishøj, Zealand, Denmark.
Ørsted Pedersen bermain piano, tetapi sejak usia 13 tahun ia mulai belajar bermain bass dan dalam usia muda memulai karier jazz profesionalnya di Denmark dengan band pertamanya, Jazzvintet 60
Pada usia 15 tahun, ia memilik kemampuan untuk menemani musisi terkemuka di klub malam, bekerja secara teratur di Jazzhus Montmartre Kopenhagen. Setelah debutnya di sana pada malam tahun baru 1961, ketika ia baru berusia 15 tahun.
Saat berusia 17 tahun, ia tepah menolak tawaran untuk bergabung dengan Count Basie Orkestra, itu karena dia masih terlalu muda untuk mendapatkan izin resmi untuk tinggal dan bekerja sebagai musisi di Amerika Serikat.
The Montmartre adalah penghentian reguler untuk bintang-bintang jazz Amerika yang tur, dan sebagai anggota band house, Ørsted Pedersen muda tampil dengan pemain saksofon seperti: Sonny Rollins, Dexter Gordon, Rahsan Roland Kirk dan Stan Getz, juga pianis Bill Evans, dengan siapa dia melakukan tur di Eropa pada tahun 1965.
Selama tahun 1960-an, dia bermain dengan serangkain jazzmen Amerika penting lainnya yang sedang tur atau menetap di Denmark, termasuk: Ben Webster, Brew Moore, Bud Powell, Count Basie, Roy Eldridge, Dizzy Gillespie, Jackie McLean dan vokalis Ella Fitzgerald. Dia juga bermain dengan Jean-Luc Ponty, dan merupakan bassis pilihan setiap kali musisi terkenal melakukan tur di Kopenhagen.

Niels-Henning Ørsted Pedersen bekerja dalam arransemen duo dan trio dengan pianis Kenny Drew, merekam lebih dari 50 album bersama.

Bersama Stèphane Grappelli dan Joe Pass ia tercatat secara ekstensif sebagai pemimpin
Lagu-lagunya yang paling terkenal adalah; “My Little Anna”, “Jaywalkin”, dan “The Puzzle” serta arransemen jazz lagu-lagu rakyat tradisional Denmark.
Penampilan duo dengan Rene Gustafsson di Vossajazz 1980, diakhiri direkam lewar album, “Just the Way You Are” di lebel Sonet Gramafon Records, direkam setengah tahun setelah pertemuan pertamanya.
Dia dianugerahi “Penghargaan Musik Dewan Jordik” pada tahun 1981. Ini adalah pertama kalinya dia menerima hadiah untuk komposisi ini yang dianugerahkan kepada seorang musisi yang tampil, dan ini harus dianggap karena berasal dari reputasi internasionalnya yang luar biasa.
Dia mungkin seorang instrumentalis Denmark yang paling dicari secara internasional, dan telah melakukan perjalanan dan rekaman dengan serangkaian solois jazz terbesar secara internasional.
Ørsted Pedersen juga memiliki kemampuan khusus menafsirkan lagu-lagu Denmark dan melodi rakyat. Dia sering bermain dalam trio ansambel, sebagian bersama dengan: pemain trompet Palle Mikkenlborg dan pemain keyboard Kenneth Kundsen, dan sebagian dengan namanya sendiri, biasanya dengan: gitaris seperti Phillip Catherine dan Ulf Wakenius.
Pada tahun 1999, dia memimpin duo bersama pianis Mulgrew Miller, berkeliling Eropa, Jepang, Australia, dan Korea. Format ini kemudian diperbesar menjadi trio yang menampilkan drummer Alvin Queen.
Trio ini tetap utuh sampai kematian Ørsted Pedersen, yang meninggal karena serangan jantung pada tahun 2005 di usianya ke-58 tahun di Kopenhagen, Denmark.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker