News

PIANIS JAZZ JOHN NELSON, TUTUP USIA 85 TAHUN

John Nelson, ayah dari ikon musik pop, Prince, meninggal dunia tanggal 25 Agustus yang lalu dikediamannya di Minneapolis. Tidak ada keterangan penyebab kematian pianis jazz yang tergabung dalam Prince Rogers Trio – nama kelompok ini mengambil nama sang anak yang terkenal itu. Karir Nelson dimulai ketika tahun 1956 ia hijrah dari Louisiana. Penyanyi kelompok ini, Mattie Shaw kemudian dinikahinya dan anak pertama itu diberi nama Prince Rogers Nelson.

Perceraiannya mengakibatkan renggangnya hubungan Nelson dan Prince, namun belakangan hubungan keduanya seperti teman dekat bahkan terkadang mereka juga melakukan kolaborasi. Nama Nelson pernah masuk dalam Minnesota Black Musicians Awards Hall of Fame pada tahun 1989. Ia juga ikut menulis beberapa hit lagu yang dinyanyikan Prince. Beberapa diantaranya adalah “Computer Blue” yang memenangkan penghargaan Oscar dan Grammy untuk soundtrack terbaik, serta “Purple Rain,” dan “Scandalous” untuk soundtrack film “Batman”.

Selama beberapa tahun terakhir, Nelson tinggal di ‘purple house’, tempat dimana Prince sebelumnya tinggal dekat Paisley Park studios. Meski Nelson dianggap sebagian kalangan bukanlah contoh ayah yang patut diteladani, Prince kerap kali mengatakan bahwa ayahnya tidak pernah mabuk dan menggunakan senjata.

Nelson pernah tampil bersama Gil Evans dialbum Real Birth of the Cool: Studio… (2000) dan “Beethoven Wrote It, But It Swings” Various Artists, (1996).(

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker