News

Barney Kessel

Salah satu gitaris terbaik yang muncul setelah kematian Charlie Christian adalah Barney Kessel, seorang solois bop yang andal sepanjang kariernya dia seorang musisi sesi yang secara informal dikenal sebagai Wrecking Crew.
Kessel kelahiran 17 Oktober 1923, di Muskogee, Oklahoma, AS. Dia memulai kariernya dari remaja dan tur dengan band dansa lokal. Ketika dia berusia 16 tahun, Kessel mulai bermain dengan band Oklahoma A&M, Hal Price & The Versitonians. Anggota band menjulukinya “Fruitcake” karena dia berlatih hingga 16 jam sehari.
Dia bermain dengan band besar yang digawangi oleh Chico Marx dan dia cukup beruntung untuk tampil di jazz klasik pendek di film, “Jammin’ the Blues” (1944) yang menampilkan Lester Young.
Kemudian bekerja dengan band-band besar Charlie Barnet (1944-1945) dan Artie Shaw (1945), dia juga merekam dengan Shaw’s Gramercy Five.
Pada siang hari, ia bekerja sebagai musisi studio dan malam harinya bermain di jazz klub. Pada tahun 1947, ia merekam dengan Charlie Parker.
Kessel bekerja di Jazz Philharmonic selama satu tahun di awal 1950-an.
Kessel menjadi musisi studio yang sibuk di Los Angeles, tetapi selalu diminati untuk rekaman jazz. Dia melakukan tur dengan Oscar Peterson Trio selama tahun dari 1952 sampai 1953, dan kemudian mulai tahun 1953 memimpin serangkaian rekaman yang mengesankan untuk kontemporer yang berlangsung hingga 1961 (termasuk dengan Ray Brown dan Shelly Manne dalam trio yang secara tepat disebut pemenang polling di majalah Metronome dan Down Beat).
Setelah tur Eropa dengan George Wein’s Newport All-Stars (1968). Kemudian Kessel tinggal di London untuk sementara waktu dari tahun 1969 sampai 1970. Tiga tahun kemudian, ia melakukan tur dan rekaman dengan Great Guitars, sebuah grup yang juga termasuk Herb Ellis dan Charlie Byrd.
Sebuah stroke serius pada tahun 1992, menempatkan Barney Kessel tidak aktif secara permanen, tetapi banyak dari rekamannya untuk lebel Onyx, Black Lion, Sonet, dan Concord Records tersedia, bersama dengan beberapa koleksi video yang dikeluarkan oleh Vestapol.
Dia dinilai sebagai gitaris nomor satu di majalah Esquire, Down Beat dan jajak pendapat majalah Playboy antara tahun 1947 dan 1960.
Dari tahun 1961 hingga 1974, Gibson Guitars memproduksi gitar tanda-tangan Barney Kessel dalam model standar dan kustom.
Kessel didiagnosis menderita kanker yang tidak dapat dioperasi pada tahun 2001, tumor otak yang akhirnya merenggut nyawanya pada 6 Mei 2004, di San Diego, California, AS, ketika berusia 80 tahun.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker