News

Dunia Jazz Indonesia berduka, Beben ‘Tasawuf’ Jazz meninggal dunia

Penggiat Jazz, Gitaris dan pengagas Komunitas Jazz Kemayoran, Beben Supendi Mulyana atau lebih populer dengan panggilan Beben Jazz pagi sekitar pukul 06.10 (Senin 05/07) dikabarkan meninggal dunia setelah sebelumnya sempat kritis di RS setelah terpapar Covid-19.

Informasi ini pertama kali diterima WartaJazz melalui WhatsApp Komunitas Jazz Indonesia – dimana Beben merupakan adminnya – yang didapatkan dari Dik Doank, adiknya.

Beben Jazz & Ricky Firmansyah saat tampil di Jazz Untuk Semua, Ultah pertama KJK (Photo: Agus Setiawan Basuni/WartaJazz)

***

Musisi yang aktif tampil dan gemar membagikan ilmu ini sering bersama ‘Kiai Mbeling’ Emha Ainun Najib dalam program Maiyah juga bersama Inna Kamarie, istrinya.

Sebelum menjadi seorang Jazzer, Beben merupakan atlet bulu tangkis era 1980-an yang sempat menjadi programmer di tahun 90-an.

Lewat Komunitas Jazz Kemayoran yang digagasnya, ia kemudian memperkenalkan istilah Tasawuf Jazz dengan menggali nilai-nilai spiritual dalam musik dan Jazz bersama Abu Marlo dan Bang Dame.

Diskusi dengan Beben terakhir dilakukan oleh WartaJazz di awal pandemi bersama seluruh penggiat Komunitas Jazz seIndonesia melalui Zoom tahun lalu.

Sekedar informasi, Beben cukup sering menulis perkembangan komunitasnya dan beberapa rekapnya kami tampilkan di WartaJazz.com

***

Beberapa hari terakhir ini perkembangan kesehatan Beben sempat mencuri perhatian ditengah-tengah kenaikan angka kasus penularan Covid19 di Jakarta dan sekitarnya.

Sehari sebelum wafat, bantuan obat diperoleh dari Kemenkes diterima team dokter RS. Bhakti Kartini Bekasi seperti diunggah oleh Inna Kamarie di laman IGnya.

Beben meninggalkan seorang anak Ben Sebastian dari buah perkawinannya dengan penyanyi Inna Kamarie.

Namun demikian, Sang Maha Pengatur berkehendak lain. Beben menghadap sang Khalik. Semoga Allah SWT menerima seluruh amal ibadahnya semasa hidup dan menempatkan brsama orang-orang Shaleh. Aamiin Ya Robbal’alamiin.

 

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
WhatsApp Perlu bantuan?

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker