News

Hide Tanaka

Pemain bass Hide Tanaka lahir di Tokyo, Jepang, pada 28 Juni 1956. Ia mulai bermain bass saat berusia 17 tahun. Guru bass pertamanya adalah Yoshito Ikeda. Dia mengambil pelajaran privat dari Ikeda dan mempelajari keterampilan dasar yang penting darinya.
Pada tahun 1981, Tanaka bergabung dengan band besar jazz Jepang terkenal Blue Coats dan pada saat yang sama bermain di berbagai tempat live jazz seperti Pit Inn, Satin Doll dan Body & Soul di Tokyo.
Pada tahun 1982, Tanaka pindah ke New York dan mulai tinggal di sebuah apartemen kecil di Chelsea. Tapi kehidupan awalnya di New York tidak mudah.
Ada beberapa insiden kekerasan yang dialami oleh Tanaka selama tinggal di New York. Terlepas dari semua itu, dia tidak melepaskan mimpinya tentang New York Jazz Life.
Setelah mencoba beberapa pekerjaan sampingan lainnya, dia memutuskan untuk berhenti dari semua pekerjaan sampingannya untuk berkonsentrasi hanya pada musik.
Tapi bagaimana caranya? Dia berbagi apartemen studio yang kecil dengan tiga pria untuk menghemat uang dan bermain di jalanan setiap hari. Dia mulai kehidupan jazz yang selalu diejek.
Pada tahun 1984, Tanaka berkesempatan bermain dengan Barry Harris di Jazz Culture Theatre sebagai house bassis dan telah berada disana selama kurang lebih empat tahun.
Pada saat yang sama ia tampil di berbagai tempat live seperti Angry Aquire, West End Cafe. Dia tampil dengan: Walter Bishop Jr, Al Corn, Cecil Payne, Hank Mobley, Benny Powell, Jaki Byard, Chris Anderson dan C Sharp yang legendaris. Akhirnya New York Jazz Life-nya mulai lepas landas.
Pada tahun 2011, Tanaka bergabung dengan Young Rising Star, pianis dan penyanyi berusia 25 tahun Champian Fulton. Dengan Fulton, dia bermain di Cliford Brown Jazz Festival, Rochester Jazz Festival, Litchfield Jazz Festival dan Detroit Jazz Festival.
Pada 2012, ia bergabung dengan tur Amerika Selatan pertamanya ke Washington DC, Memphis, New Orleans, Atlanta, dan lain-lain.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker