News

Blue Mitchell

Blue Mitchell cenderung diabaikan, mungkin karena dia tidak pernah benar-benar menonjolkan diri, meskipun dia punya bakat yang tak terbantahkan.
Terlahir dengan nama Richard Allen “Blue” Mitchell pada 13 Maret 1930, di Miami, Florida, AS, dan meninggal 21 Mei 1979, di Los Angeles, California, AS.
Setelah mempelajari trompet di sekolah menengah. Mitchell mulai melakukan tur di awal tahun 50-an dengan band R&B: Paul Williams, Earl Bostic dan Chuck Willis sebelum kembali ke Miami dan jazz. Di sana dia menarik perhatian Cannonball Addderley dan merekam album dengannya untuk Riverside Records pada 1958. Tahun itu juga Mitchell bergabung dengan Horace Silver Quintet, dan dengannya dia bermain dan rekaman sampai band tersebut bubar pada Maret 1964, di mana dia memoles keterampilannya di genre hard-bop.
Selama masa dengan band itu, ia juga bekerja dengan: Junior Cook, Gene Taylor dan Roy Brooks, juga dengan berbagai pianis sebagai unit terpisah dan melanjutkan rekaman sebagai pemimpin untuk Riverside Records.
Ketika Horace Silver Quintet bubar, kuintet spin-off Michell berlanjut dengan Al Foster yang menggantikan Roy Brooks dan bintang masa depan muda bernama Chick Corea di kursi piano. Grup ini, dengan beberapa pergantian personel berlanjut hingga 1969, dan merekam serangkaian album untuk Blue Note Records.
Mitchell juga melakukan tur dengan: Ray Charles dari tahun 1969 hingga 1971, dan dengan gitaris blues/rock John Mayall pada 1971 sampai 1973.
Setelah menetap di Los Angeles, dia bermain bersama: Louie Bellson, Bill Holman, dan Bill Berry, membuat sejumlah rekaman funk, pop, dan jazz di akhir tahun 70-an.
Mitchell sebagai solois utama untuk: Tony Bennett dan Lena Horne. Dia terus menjadi musisi freelance dengan gaya multifaset ini sampai kematian dini akibat kanker pada usia 49 tahun.
(Keterangan photo) Blue Mitchell.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker