New ReleaseNews

Tenor Saksofonis Timo Lassy luncurkan Trio lewat We Jazz Records

Saksofonis ngetop asal Finland, Timo Lassy akhir Agustus 2021 merilis karya terupdate-nya yaitu “Trio” lewat label We Jazz Records dengan dua musisi penyokongnya yaitu bassis Ville Herrala dan drummer Jaska Lukkarinen.

Ia juga didukung alunan Valtteri Laurell Pöyhönen, vokalis Dalindèo ditambah imbuhan string dari Budapest Art Orchestra yang diaransemen oleh seniman Finlandia Marzi Nyman, membuat album ini memiliki sound yang fresh namun tetap meneguhkan gaya permainan tenor saksofonnya yang funky, nge-swing dan lantang.

Eit, jangan buru-buru menuduh album ini cuman berisi permainan trio swing doang sebagaimana galibnya, justru dengan string yang rimbun dan sapuan elektronik para penikmat Jazz diajak berekreasi bunyi.

Simaklah momen yang khusyuk di trek seperti “Sunday 20” dan “Sointu” atau groovy habis-habisan dinomor “Pumping C” dan “Subtropical”.

Tiga silinder dasar berupa tenor saksofon, bass dan drum, memberikan pondasi kuat berpadu seksi gesek seperti hembusan udara segar yang siap mengepakkan sayap untuk terbang. Penambahan elektronika bak bumbu penyedap, meneguhkan rasa hidangan utama.

“Kami memulai prosesnya dengan trio, tetapi seiring berjalannya waktu, sound mulai dikembangkan menjadi sesuatu yang menakjubkan,” jelas Lassy. “Begitulah cara saya bekerja, sementara trio ini dapat terus membawa musik ini untuk waktu yang lama, dalam album saya ingin melukis gambar yang padat dan lebih berwarna secara sonik.”

Menurut WartaJazz, nomor favorit dari album ini ada di track “Orlo” yang bukan kebetulan dipilih sebagai singel pertama dan langsung disambut publik secara antusias.

Sampul albumnya menampilkan lukisan karya seni asli “Subtropis” oleh seniman Finlandia Ilari Hautamäki.

We Jazz Records merilis edisi vinyl biru dan hitam lengkap dengan bungkusnya yang berat dan juga dalam bentuk CD dan tersedia pula di digital streaming platform.

Album yang di produseri Timo Lassy & Abdissa Assefa ini di konduktori Peter Pejtsik dan dibantu juga oleh Tuomo Prättälä dan Valtteri Pöyhönen (Synthesizer, Keys), serta Abdissa Assefa (Percussion). Direkam dan di mixing oleh Abdissa Assefa di Ambience studios, Helsinki. Strings direkam di East Connection Music Recording, Budapest dan Mastered dikerjakan oleh Svante Forsbäck di Chartmakers. Jussi Tiainen menyediakan artwork photograpy dan Design ditangani Matti Nives.

WartaJazz akan mengundang Timo Lassy dalam obrolan santai WartaJazz Talks edisi #43 yang akan di siarkan secara streaming melalui akun Instagram Live @WartaJazz, kanal YouTube WartaJazz Channel dan Via ZOOM.

Link Zoom tersedia dengan mendaftar melalui tautan WartaJazz Talks Registration Form

 

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker