News

Gitaris Gàbor Szabò

Gàbor Szabò gitaris yang menggabungkan musik jazz, pop, dan rock, kelahiran Budapest, Hongaria, 8 Maret 1936 yang bernama panjang Gàbor Istvàn Szabò.

Dia mulai bermain gitar pada usia 14 tahun. Setelah revolusi Hongaria tahun 1956, Szabò pindah ke California dan kemudian kuliah di Berklee College of Music di Boston antara tahun 1956 dan 1960.

Pada tahun 1961, ia menjadi anggota kuintet yang dipimpin oleh Chico Hamilton dan termasuk Charles Lloyd, memainkan apa yang telah digambarkan sebagai Chamber Jazz, dengan avant-gardisme moderat.

Szabò dipengaruhi oleh musik rock tahun 1960-an. Pada 1965, dia berada di grup pop jazz yang dipimpin oleh Gary McFarland, kemudian bekerja lagi dengan Charles Llyod dalam kuartet energik bersama: Ron Carter dan Tony Williams

Lagu, “Gypsy Queen” dari album solo debut Szabò, “Spellbinder” menjadi hit yang dibawakan oleh Carlos Santana.

Selama akhir 1960-an, ia bekerja dalam sebuah grup dengan gitaris Jimmy Stewart. Dia memulai lebel Skye Records dengan Gary McFarland dan Cal Tjader.

Szabò terus tertarik pada musik komersial yang lebih populer di tahun 1970-an. Dia sering tampil di California, menggabungkan unsur-unsur Gipsi dan musik India dengan jazz.

Dia sering kembali ke negara asalnya Hongaria untuk tampil, dan disanalah dia meninggal sesaat sebelum ulang tahunnya yang ke 46, tepatnya 26 Februari 1982 saat mengunjungi keluarganya di Budapest. Szabò di makamkan di Pemakaman Farkasrèti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker