NewsProfile

Mickey Roker

Mìckey Roker yang punya nama panjang Granville William “Mickey” Roker adalah seorang drummer.

Dia dilahirkan pada 3 September 1932, di Miami, Florida, AS, lahir dalam kemiskinan ekstrem dari pasangan Granville (Sr) dan Willie Mae Roker. Setelah ibunya meninggal (ayahnya tidak pernah tinggal bersama mereka), ketika Roker baru berusia sepuluh tahun, dia dibawa neneknya untuk tinggal di Philadelphia bersama pamannya Walter, yang memberinya drum kit pertamanya dan mengomunikasikan kecintaannya pada jazz kepada keponakannya. Dia memperkenalkan Roker muda ke kancah jazz di Philadelphia, di mana drummer Philly Joe Jones menjadi idola Roker.

Pada awal 1950-an, ia mulai mendapatkan pengakuan sebagai drummer band besar yang sensitif namun keras. Roker juga disukai oleh Dizzy Gillespie. Ia segera diminati karena keterampilannya yang baik dalam mendukung dan pengaturan band besar dan kelompok kecil.

Sementara di Philadelphia ia bermain dengan: Jimmy Oliver, Jimmy Heath, Jimmy Divine, King James dan Sam Reed sebelum pindah ke New York di tahun 1959, di mana Roker tampil di pertunjukkan pertamanya adalah dengan: Gigi Gryce, Ray Bryant, Joe Williams, Junior Mance, Nancy Wilson dan band besar Duke Pearson.

Pada tahun 1965, Roker bergabung dengan kelompok: Art Farmer dan Benny Golson yang diubah menjadi, New York Jazz Sextet.

Di tahun 1992, ia menggantikan Connie Kay di kelompok Modern Jazz Quartet.

Roker merekam dengan beberapa nama besar dalam dunia jazz diantaranya: Dizzy Gillespie, Sonny Rollins, Duke Pearson, Tommy Flanagan, Ella Fitzgerald, Zoot Sims, Horace Silver, Junior Mance, Sarah Vaughan, Milt Jackson, Herbie Hancock, Phil Woods, Oscar Peterson, Ray Brown, Bucky Pizzarelli, Stanley Turrentine, Toshiko Akiyoshi, Hank Jones, Bobby Hutcherson, Joe Locke dan banyak lagi musisi jazz lainnya.

Roker masih aktif di kancah musik jazz Philadelphia selama abad ke-21. Dia meninggal di Philadelphia, Pennsylvania, AS, pada 22 Mei 2017, pada usia 84 tahun, karena menderita diabetes, kanker paru-paru, dan masalah kesehatan lainnya.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker