News

Trumpeter Joey Morant wafat

Dijuluki Mr. Entertainer

Mengutip berita dari The Post and Courier, Joey Morant pemain trompet jazz yang juga dikenal juga julukan “Mr. Entertainer” telah meninggal pada 29 Juli 2021, setelah berjuang melawan penyakit saraf di usianya yang ke-82 tahun.

Morant yang sangat fleksibel, energik, dan berpakaian rapi yang dikatakan memiliki satu atau dua penguasaan teknis yang fenomenal dan magnetisme teatrikal, memainkan apapun yang sesuai dengan audiensnya.

Pindah dari kota asalnya Charleston, Carolina Selatan, ke New York City pada akhir 1990-an, ia sering tampil bersama Harlem Blues & Jazz Band, sambil terus membuat musik di Charleston. Morant telah tampil di seluruh dunia, baik di klub jazz yang akrab dengan festival besar, dan memupuk persahabatan seumur hidup di tempat-tempat yang jauh.

Pianis dan teman lamanya Oscar River Jr, mengingat Morant adalah seorang musisi yang sangat brilian dan berbakat. Keduanya bertemu di Burke High School, keduanya tampil di band konser, marching band dan di grup jazz. Keduanya terus tampil bersama selama bertahun-tahun, dengan River bergabung dengan Morant di Boston pada tahun 1961 untuk bermain di Izzy Ort’s Bar and Grile.

Morant mengajari River bagaimana caranya memainkan musik bebop dari; Miles Davis, Charlie Parker, dan Dizzy Gillespie. Dua tahun lalu, mereka tampil di South Carolina Society Hall yang akan menjadi terakhir mereka bermain bersama.

Sepanjang kariernya yang produktif, Morant juga tampil dengan: Ray Charles, Paul McCartney, James Brown dan Les Paul.

Artis ini sering menikmati tepuk tangan meriah di tempat-tempat terkenal seperti Taman Tivoli London dan Balai Konser Tchaikovsky Moskow.

Dia juga memenangkan “Showtime at the Apollo”, tampil di program “Jazz Discovery” Black Entertainment Television dan dalam penghormatan musik di Ground Zero pada 11 Desember 2001.

Morant juga menerima penghargaan di Harlem Jazz and Music Festival sebagai “Instrumentalist of the Year” 2003. Kehadirannya di atas panggung yang sering memukau penonton dan sesama musisi. Dia juga ahli dalam bernyanyi, dan secara teratur menyampaikan interpretasi Louis Armstrong yang meriah.

Pertama kali menemukan minatnya pada musik di usia 11 tahun, ketika ia tertarik dengan musik piano klasik. Morant mulai belajar memainkan trompet ketika dia bergabung dengan band yang dibentuk oleh Fletcher Linton di Sekolah Dasar Henry P. Archer Charleston.

Pada awalnya, Morant berharap dapat memainkan saksofon, tetapi ketika dia pergi ke satu-satunya toko musik di kota untuk membeli saksofon, ternyata dia hanya mampu membeli trompet. Setelah mempelajari trompet, ia mengawali kariernya bergabung dengan Metronome All-Stars di bawah arahan pendidik musik: Melvin Hodges Jr dan Leroy Chrisholm.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker