News

Robert De Niro berperan sebagai Jimmy Doyle di Film New York, New York

Sahabat familiar dengan pemain saksofon ini? Dialah aktor kawakan Robert De Niro yang berperan dalam film American Musical “New York, New York” (1977). De Niro berperan sebagai pemain saksofon yang egois dan pandai bicara, Jimmy Doyle.

Film ini disutradarai oleh Martin Scorsese, skenarionya ditulis oleh Mardik Martin dan Earl Mac Rauch berdasarkan sebuah cerita oleh Rauch. Ini adalah penghargaan musik yang menampilkan lagu-lagu baru oleh John Kander dan Fred Ebb yang menampilkan standar jazz.

Selain Robert De Niro film ini juga dibintangi oleh Liza Minnelli sebagai sepasang musisi dan kekasih.

Ceritanya adalah tentang pemain saksofon jazz dan penyanyi pop yang jatuh cinta yang akhirnya menikah, namun kepribadian Jimmy Doyle (De Niro) yang sangat mudah berubah itu menempatkan ketegangan terus menerus pada hubungan mereka, dan setelah mereka memiliki seorang bayi, pernikahan mereka hancur, bahkan ketika karier mereka berkembang di jalur terpisah.

Pada hari VJ tahun 1945, sebuah perayaan besar-besaran di sebuah klub malam di New York City sedang berlangsung, musik disediakan oleh Tommy Darsey Orchestra. Sementara di sana, pemain saksofon Jimmy Doyle bertemu dengan penyanyi Francine Evans (Liza Minnelli) yang meskipun kesepian, masih tidak ingin berhubungan dengan Doyle yang terus mengganggunya di nomor telponnya.

Keesokan paginya, mereka akhirnya berbagi taksi walau bertentangan dengan keinginannya, Evans akhirnya menemani Doyle ke audisi. Di sana dia bertengkar dengan pemilik klub. Evans, mengusulkan agar audisi kembali kejalurnya, dan dia menyanyikan lagu standar lama, “You Brought a Kind of Love to Me” dengan Doyle yang memainkan saksofon. Pemilik klub terkesan dan membuat Evans heran, mereka berdua akhirnya ditawari pekerjaan. Sejak saat itu hubungan mereka semakin dalam dengan obsesi dan cinta.

Beberapa tahun kemudian, di sebuah studio rekaman, Evans merekam lagu, “But the World Goes Round” sebuah lagu yang kuat, membuatnya berhasil masuk tangga lagu dan mengubahnya menjadi tokoh hiburan populer.

Pada tahun-tahun berikutnya, Doyle dan Evans sama-sama menemukan kesuksesan di industri musik, Doyle menjadi musisi jazz terkenal dan pemilik klub, sementara Evans menjadi penyanyi dan aktris film yang sukses.

Doyle merekam lagunya lewat saksofonnya yang menduduki puncak tangga lagu jazz, dan Evans memperkuat ketenarannya setelah menyanyikan lagu, “New York, New York” yang liriknya telah disediakan.

Lagu tema dari film ini, “Theme from New York, New York” menemukan kesuksesannya sendiri ketika Frank Sinatra merekam versi covernya pada tahun 1979. Lagu tersebut menjadi hit, dan versi Sinatra dan Minnelli telah menjadi terkait erat dengannya. Minnelli terus manampilkan lagu tersebut di hampir semua konsernya.

Film ini dibuat setelah Martin Scorsese menggarap “Taxi Driver” yang sukses, sayangnya film ini gagal di box office, yang kabarnya membuat Scorsese sempat depresi.

Film ini awalnya dirilis dengan durasi 155 menit untuk penayangannya di bioskop, kegagalan film tersebut mendorong United Artist memotongnya menjadi 136 menit dan beberapa adegan dipotong, ketika merilis ulang film ini dalam bentuk DVD pada tahun 1981.

(Keterangan photo) Robert De Niro memainkan saksofon yang berperan sebagai Jimmy Doyle di film “New York, New York”.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker