Review

DMITRI MATHENY – STARLIGHT CAFÉ

Pertanyaan pasti akan segera menyergap begitu mendengar nama Dmitri Matheny. Apa hubungannya dengan gitaris yang terkenal itu. Well, yang pasti pria kelahiran Nashville, Tennessee 25 Desember 1965 ini bukanlah peniup flugerhorn sembarangan meski tidak ada hubungannya dengan Pat Matheny. Lulusan dari sekolah musik bergengsi Berklee College of Music dengan predikat Magna Cum Laude ini telah menelurkan 2 album sebelum “Starlight Cafe” yaitu “Red Reflections” dan “Penumbra” keduanya juga direkam dibawah perusahaan rekaman Monarch Records.

Nomor yang kerap dimainkan oleh musisi jazz seperti Corcovado karya Antonio Carlos Jobim misalnya menjadi favoritnya – sekedar informasi, Dmitri tertarik pada lagu ini setelah mendengar versi permainan Miles Davis dengan Gil Evans – untuk direkam. Selain memainkan beberapa komposisi milik vibraphonis, Joe Locke “Saturn Child”, juga karya Marian McPartland “Twilight World”. Pada nomor lembut “Twilight World” misalnya terdengar sangat melankolis dimana suara flugerhorn yang ditingkahi permainan Darrel Grant(piano) dan dukungan Bill Douglas(bass). Di lagu “Spring Skylight” Darrel memberikan kontribusi melodi yang cantik, sementara pada “Soca Nova” terdengar infusi nada-nada calypso yang sayang untuk dilewatkan. Album yang memuat 10 lagu ini ditutup dengan “When You Wish Upon A Star”, menghadirkan permainan selama kurang lebih tiga menit setengah.

Album yang direkam di La Note Café pada medio Maret 1998 ini mempersembahkan sebuah reportoar jazz yang layak mendapatkan penghargaan. Selain diproduseri sendiri oleh Dmitri Matheny album ini sebenarnya hasil konser live di Kafe yang direkam oleh KCSM FM, San Mateo California pada acara Sunday Night Suites.

DMITRI MATHENY – STARLIGHT CAFÉ
Monarch

Komposisi:
1. Stardust (Carmichael/Parish) – 8:39
2. When Lights Are Low (Carter) – 7:07
3. Twilight World (McPartland) – 6:10
4. Spring Skylight (Grant) – 6:02
5. Whisper, Muse (Matheny) – 5:11
6. Geneva (Matheny) – 6:30
7. Soca Nova (Matheny) – 4:36
8. Corcovado (Quiet Nights) (Jobim) –
6:19 9. Saturn’s Child (Locke) – 4:48
10. When You Wish upon a Star (Harline/Washington) – 3:26

Musisi :
Dmitri Matheny
: flugelhorn
Darrell Grant : piano
Bill Douglass : bass

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker