News

The Turtle Island Quartet

Inilah kelompok yang bernama The Turtle Island Quartet yang memenangkan Grammy Award di ketegori “Best Classical Crossover Album” untuk rekamannya yang bertajuk, “4 + Four” di tahun 2005, dan “Best Classical Crossover Album” kali ini untuk albumnya, “A Love Supreme: The Legacy of John Coltrane” di tahun 2007.

The Turtle Island Quartet adalah kuartet gesek yang memainkan hibrida jazz, klasik, dan musik rock. Grup ini dibentuk pada tahun 1985 oleh: David Balakrishnan, Darol Anger, dan Mark Summer di San Francisco.

Mereka merilis album perdananya di Windham Hill Records pada tahun 1988 dengan Irene Sazer.

Kelompok yang memainkan standar jazz dan komposisi asli yang melintasi beberapa gaya, termasuk blues, klasik, jazz, dan world music.

Pemain biola David Balakrishnan mendapat ide untuk kuartet string jazz di tahun 1985. Dia mengundang pemain cello Mark Summer, yang telah bekerja selama tiga tahun sebagai anggota orkestra Kanada. Salah satu karya pertama yang mereka mainkan adalah aransemen Balakrishnan dari, “Stolen Moments” oleh Oliver Nelson yang dirilis pada album pertama mereka di tahun 1987. Anggota grup termasuk pemain biola Evan Price dan pemain biola Denmark Mads Tolling. Price dan Tolling keduanya adalah alumni Berklee College of Music.

Sebagai seorang anak, Balakrishnan terinspirasi oleh Jimy Hendrix. Kemudian dia menemukan jazz dan musik dari David Grisman Quartet.

Aransemen Balakrishnan tentang komposisi, “A Night in Tunisia” punya Dizzy Gillespie di nominasikan untuk Grammy Award .

Kuartet ini telah berkerja dengan: Paquito D’Rivera, Ying Quartet, Edgar Meyer, The Manhattan Transfer, Modern Jazz Quartet, dan Detroit Symphony Orchestra.

Anggota The Turtle Island Quartet saat ini adalah: David Balakrishanan (biola dan biola bariton), Benjamin von Gutzeit (viola, dari 2012 hingga sekarang), Malcolm Parson (cello, dari 2016 hingga sekarang), dan Gabriel Terracciano (biola, dari 2018 hingga sekarang).

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker