Review

Charles Lloyd & Jason Moran – Hagar’s Song

Album: Hagar’s Song
Label: ECM Records, 2013

01. Pretty Girl
02. Mood Indigo
03. Bess, You Is My Woman Now
04. All About Ronnie
05. Pictogram
06. You’ve Changed
07. Hagar Suite I: Journey Up River
08. Hagar Suite II: Dreams of White Bluff
09. Hagar Suite III: Alone
10. Hagar Suite IV: Bolivar Blues
11. Hagar Suite V: Hagar’s Lullaby
12. Rosetta
13. I Shall Be Released
14. God Only Knows

Charles Lloyd & Jason Moran - Hagar's Song
Charles Lloyd & Jason Moran – Hagar’s Song

Walaupun telah berusia kepala tujuh, reedman veteran Charles Lloyd tidak menunjukkan gejala melambat dalam berkarya. Baik dalam permainan maupun membuat sejumlah komposisi baru, Charles suguhkan tingkat kematangan musikal yang menarik untuk diikuti. Tahun ini, beranjak dari tiga rilis Charles Lloyd Quartet, ia luncurkan sebuah album reflektif berformat duet, dan partnernya tidak lain ialah pianis di album-album yang disebut sebelumnya, Jason Moran.

Diberi titel Hagar’s Song, dalam album ini Charles memainkan sejumlah nomor terambil dari jazz standar juga karya baru miliknya. Di samping saksofon tenor dan flute, ia pun meniup saksofon alto serta flute bas, instrumen yang relatif jarang ia tampilkan.

Sejumlah nomor klasik, semisal rendisi “Pretty Girl” yang melayang-layang serta “Mood Indigo” dengan introduksi piano stride Jason, lampirkan hembus saksofon Charles terhias repetan sheet of sound khas John Coltrane. Pun, dalam trek “Rosetta” tampak kedua pemain berdialog seru sembari mengayun lincah. Tercantum pula balada “You’ve Changed” lewat denting piano dan saksofon alto sarat melankolia.

Namun crème de la crème Hagar’s Song tersaji eksotik pada rangkai lima bagian Hagar Suite dengan tema berbeda-beda. Dimulai “Journey Up River” saat bisikan magis oleh melodi flute Charles tampilkan nuansa bunyi suku Indian, berlanjut abstraksi “Dreams of White Bluff” dalam kontruk free form penuh tensi. Irama ostinatik “Alone” menyertakan tamborin Jason yang diteruskan lenguhan alto Charles pula sugesti ketegangan lewat piano bergemuruh, kemudian mencapai konklusi menyejukkan “Hagar’s Lullaby.”

Melengkapi Hagar’s Song adalah kover “I Shall Be Released” kepunyaan Bob Dylan serta “God Only Knows” dari The Beach Boys yang mengisyaratkan sebuah perenungan, menjadi bagian sejarah karir Charles di era 1960an saat dirinya mulai keluar dari zona nyaman jazz tradisional. Dua nomor tersebut akhiri pula percakapan intim Charles dan Jason, setidaknya untuk saat ini.

Musisi

Charles Lloyd: saksofon alto & tenor, flute alto & bas
Jason Moran: piano, tamborin

 

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker