News

Hall Overton

Hall Overton penting di banyak musik yang berbeda, sebagai guru, arranger, komposer dan pianis, tetapi kebanyakan ia memiliki reputasi di belakang layar dalam jazz.

Ia lahir di Bangor, Michigan, AS, pada 23 Februari 1920, dengan nama lengkap Hall Franklin Overton. Anak pertama dari tiga putra Stanford dan Ruth (Barnes) Overton, dan dibesarkan di Ripids, Machigan. Setelah mengambil pelajaran piano di masa mudanya, Overton menyadari dia harus melakukan perjalanan keluar kota kecilnya di Midwestern untuk menemukan jenis intruksi musik yang dia inginkan. Guru musik SMA nya mengakui bakat Overton dan merekomendasikan untuk menghadiri The Chicago Musical College setelah lulus. Dia belajar teori dan komposisi di sana dari tahun 1940 hingga 1942, dan kemudian memasuki angkatan bersenjata yang bertugas tempur luar negeri dengan Divisi Lapis Baja ke-3, AS, hingga 1945. Selama masa dinasnya, dia belajar bermain jazz.

Setelah keluar dari tentara, Overton melanjutkan studi musiknya di Julliard School of Music, belajar komposisi dengan Vincent Persichetti dari 1947 hingga 1951 dan lulus dengan gelar MS, kemudian menjadi anggota fakultas di sana.

Pada tahun 1950-an, ia bermain jazz dengan banyak improvisasi top termasuk: Stan Getz, Oscar Pattiford, Jimmy Raney, Teddy Charles dan Mundell Lowe. Pada tahun 1954, ia pindah ke loteng New York City di 821 Sixth Avenue, yang dikenal sebagai Jazz Loft, di mana dia tinggal bersama: fotografer legendaris W. Eugene Smith, musisi Dick Cary dan Jimmy Stevenson, serta pelukis David X. Young dan musisi yang sedang naik daun lainnya. Ini memberikan tempat yang sempurna bagi para musisi untuk bermain dan belajar bersama.

Namun, karyanya yang paling terkenal adalah mengatur konser band besar Thelonious Monk tahun 1959 dan 1963, menyalin solo Monk dan menyelaraskannya dengan cara penuh warna untuk ansambel penuh. Overton mencetak karya pianonya untuk orkestra, penampilan komposisi ini direkam di New York City direkam secara langsung pada 28 Februari 1959 dan dirilis di album, “The Thelonious Monk Orchestra at Town Hall”. Pada tahun 1963, Monk merekam albun live kedua dengan aransemen orkestra oleh Overton di New York Philharmonic Hall, dirilis sebagai, “Big Band and Quartet in Concert”.

Overton sebagian besar aktif sebagai guru dan komposer klasik di luar jazz pada tahun 1960-an, juga sesekali menulis artikel untuk majalah Down Beat. Ia menerima penghargaan dari The Koussevitzky Foundation dan John Simon Guggenheim Memorial Foundation.

Satu-satunya rekaman Overton menghasilkan empat pertunjukkan bermain bersama Music Minus One untuk Savoy Records pada tahun 1955 yang dirilis dalam dua versi, satu dengan dan tanpa solo alto Phil Woods.
Overton meninggal pada 24 November 1972, dalam usia 52 tahun, karena sirosis hati, di New York City, AS.

(Keterangan photo) Hall Overton dan Thelonious Monk.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker