NewsProfile

Kai Eckhardt

Seorang musisi dan komposer kelahiran Jerman yang memainkan bass, Kai Eckhardt, terkenal karena kolaborasinya dengan John McLaughlin, Vital Information, Torsten de Winkel, Billy Gobham dan Garaj Mahal – sebuah band yang ia dirikannya bersama.

Dididik di Berklee College of Music yang bergengsi, Eckhardt juga berkolaborasi dalam proyek dengan gitaris Larry Coryell serta pemain keyboard Tom Coster.

Eckhardt dikenal karena kemampuan gaya tamparan akordnya yang cepat, dan karena kombinasi unik antara jazz, funk, dan world music.

Eckhardt kelahiran 15 Juni 1961, di Jerman, mulai bermain bass pada usia 15 tahun. Usaha besar pertamanya pada tahun 1985 ketika keajaiban gitar Eropa Torsten de Winkel memintanya untuk bergabung dengan ansambel rekamannya dengan: Michael Bracker dan Alphonzo Mouzon, membuat cukup banyak percikan di kancah musik jazz Eropa, dan kemudian tur dengan: Ernie Watts dan Steve Smith, yang akhirnya mengarahkannya untuk bergabung dengan Torsten de Winkel, kemudian bersama de Winkel dia bergabung dengan grup Steve Smith yang berbasis di Amerika, Vital Information. Kedua musisi Jerman itu juga tampil bersama dalam sebuah produksi TV bersama: Randy Brecker dan Simon Phillips.

Sementara itu, ia telah menerima beasiswa ke Berklee College of Music dan mulai memantapkan dirinya di AS, bekerja dengan orang-orang sepert Aydin Esen, Stanley Clarke, Tiger Okoshi, dan Bob Moses.

Pada tahun 1988, Eckhardt bergabung dengan Trio John McLaughlin dengan: pemain perkusi Trilok Gurtu. Ketiganya melakukan tur secara ekstensif di tahun-tahun mendatang dan merekam sejumlah album termasuk, “Que Alegria” pada tahun 1992.

Setelah itu, Eckhardt pindah ke San Francisco Bay Area dan mengalihkan perhatiannya untuk menulis, saat tampil dengan Billy Cobham International Quartet dan dengan Garaj Mahal.

Pada tahun 2000, ia merilis CD pertamanya sebagai pimpinan band lewat album, “Honour Simplicity, Respect the Flow” yang menampilkan: Aydin Esen, Courtney Pine, Zakir Hussain, dan lain-lain.

Pada tahun 2008, ia muncul di CD proyek pertemuan global Bimbache Jazzy Raices yang didukung UNESCO dan terhubung kembali dengan Torsten de Winkel, yang mengarah ke kolaborasi baru keduanya di Garaj Mahal dan kemudian di grup Idiot Savants milik de Winkel. Dia bekerja dengan grup barunya sendiri Kai Eckhardt Band (yang merilis album berjudul, ” Zetgeist” pada tahun 2014).

Eckhardt adalah co-leader dan co-produser dari band berpengaruh Garaj Mahal. Band ini memainkan lebih dari 1000 pertunjukkan di AS dan Kanada antara tahun 2000 dan 2010.

Garaj Mahal merilis 9 album selama tahun-tahun itu dan memenangkan penghargaan musik independen dalam kategori Jam Band di tahun 2007.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker