News

John Santos, perkusionis latin jazz dari Bay Area

Sejak 1970-an, pemain perkusi, pemimpin band, arranger, produser John Santos telah menjadi salah satu pendukung terkuat musik salsa, Afro-Kuba, dan jazz latin di Wilayah Teluk San Fransisco, Bay Area seperti kebanyakan di California yang memiliki populasi Hispanik yang besar, jutaan orang keturunan Meksiko telah sangat populer selama bertahun-tahun dan Santos telah lama menjadi bagian dari komunitas itu.

Lahir di San Fransisco, AS, pada 1 November 1955, Santos berada di akhir masa remajanya ketika ia mulai membuat kehadirannya terasa di kancah musik jazz, Afro-Kuba, salsa, dan latin Bay Area.

Pada usia 20 tahun, Santos menjadi direktur La Orquesta Tipica Cienfuegos, bertahan dengan band itu dari tahun 1976 hingga 1980. Dari tahun 1981 hingga 1985, ia mengarahkan Orquesta Batachanga, dan setelah meninggalkan band itu pada 1985, ia mendirikan Machete Ensamble yang berorientasi jazz latin yang aktif sampai akhir tahun 2000-an.

Santos telah memimpin beberapa kelompok lain juga di abad ke 21 (termasuk John Santos Quintet), dan dia telah merekam beberapa CD dengan El Coro Folklòrico Kindembo yang memilik pandangan yang sangat spritual dan berspesialisasi dalam musik folkloric, Afro-Kuba, semuanya sangat perkusi.

Santos telah merilis banyak album dilebel independennya sendiri, Michete Records, yang tidak boleh disamakan dengan Michete Music yang berafiliasi dengan Universal Music Group (lebel yang telah merekam banyak artis reggaetòn terkenal seperti: Deddy Yanke, Ivy Ratu, La Factoria, dan Omar.

Dalam sebuah wawancara dengan majalah Down Beat tentang istilah jazz yang berarti adalah 10 hal yang berbeda untuk 10 orang yang berbeda, pernahkah ia melihat konsep jazz latin berubah atau berkembang selama kariernya. Santos menjawab pertanyaan itu dan mengatakan bahwa musik akan selalu berkembang, terus berubah, karena akarnya masih kokoh, itulah keindahannya. Musisi selalu menentang pembodohan demi industri, selalu ada sisi yang berbeda dari jazz dan latin jazz.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker