News

Kornetis Ron Miles tutup usia

Berita duka kembali menyelemuti dunia musik jazz, Ron Miles seorang pemain kornet, komposer, dan pemimpin band yang berdiri di peringkat pertama artis jazz abad ini, meninggal pada Selasa (8/03) dirumahnya di Denver dalam usianya yang ke-58.
Ron Miles lahir 8 Mei 1963, di Indianapolis, Indiana, AS, dan meninggal 8 Maret 2022.
Penyebab kematiannya yang dikutip dari npr Music adalah komplikasi Polycythemia vera, kelainan darah langka, kata Hans Wendi manajer lamanya kepada NPR Music.
Miles memiliki suara yang hangat dan terpusat sempurna di kornet. Melalui permainannya, ia dapat menciptakan sensasi sesuatu yang kokoh dan berharga-terutama dalam konteks komposisinya sendiri, yang menggabungkan palet harmonik khas Amerika dengan kejernihan emosional terbuka yang tidak biasa dalam jazz modern.
Temperamen musik yang lembut namun percaya diri membuat Miles menjadi kolaborator yang ideal untuk gitaris Bill Frisell, dalam sebuah asosiasi yang berlangsung hampir tiga dekade, dan drummer Brian Blade, dalam berbagai pengaturan kombo.
Miles memimpin trio dengan Frissel dan Blade selama beberapa tahun, membuat sepasang album yang sangat seimbang. Miles dan Blade juga merupakan bagian dari Still Dreaming, bergabung dengan: pemain saksofon Joshua Redman dan bassis Scott Colley dalam penghormatan berjiwa bebas kepada band Old and New Dreams, yang menampilkan ayah Redman, Dewey Redman.
Pada rilis albumnya 2017, “I Am a Man” dan “Rainbow Sign” pada tahun 2020, masing-masing menjadi subyek pujian yang cukup besar-Miles menyusun kuintet dengan Frisell, Moran, dan Blade bersama bassis Thomas Morgan.
Pada musim gugur 2021, mereka menjadi grup pertama yang bermain untuk penonton di Village Vanguard setelah penutupan akibat pandemi selama 18 bulan.
Selamat jalan Ron Miles.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker