News

Pianis Kuni Mikami

Kuni Mikami pianis jazz hijrah ke New York City pada tahun 1974, dia belajar dengan: Barry Harris dan Norman Simmons. Mikami menjadi warga-negara Amerika Serikat, beberapa tahun kemudian.
Pada tahun 1991, ia menerima telpon dari legenda jazz Lionel Hampton, kemudian menyebut Mikami sebagai; “Musisi hebat, solois hebat dengan jiwa”.
Mikami terus bermain dengan Hampton selama lebih dari 12 tahun. Ia adalah pianis terakhir untuk Hampton. Ia juga melakukan tur dengan: Duke Ellington Orchestra, Illinois Jacquet Big Band dan Cab Callaway Orchestra, dan telah menjadi pianis jazz internasional yang mapan, ia juga tampil di klub jazz besar dan gedung konser di New York.
Mikumi juga tampil sebagai solois, dan dalam piano jazz serta kolaborasi pantonim yang disebut iMimenation, tur dengan pertunjukkan di seluruh Amerika Serikat, Australia, Jepang, Brunei, Filipina, Puerto Riko, Republik Dominika, Nikaragua, dan Honduras.
Kuni Mikami lahir si Tokyo, Jepang, pada 19 Desember 1954. Dia mulai meminkan piano klasiknya pada usia enam tahun. Setelah lulus SMA Kudan, ia belajar komposisi di Shobo Music Academy dan piano jazz dengan Mr. Sadayasu Fujii.
Pada tahun 1974, ia berimigrasi ke New York City untuk mengejar mimpinya sebagai pianis jazz. Dia diperkenalkan dengan master be-bop Barry Harris dan menjadi murid Jepang pertamanya, belajar piano jazz dengannya selama 10 tahun. Pada saat yang sama Mikumi menghadiri Bengkel Mobil Jazz, belajar dengan pemain piano kelas dunia Norman Simmons. Kedua pianis ini sangat mempengaruhi Mikami. Ia adalah pemain sesi jam seperti di Jazz Cultural Theatre, Jazz Forum and Tin Place, bertemu dengan banyak musisi yang mengikuti dan peluang pertunjukkan berbayar datang melalui koneksi ini.
Dari tahun 2006 hingga saat ini, Mikami telah melakukan tur di negara asalnya Jepang, di mana ia tampil di lebih dari 50 kota dalam tur 80 hari setiap tahunnya. Selain itu, Mikami memulai konser “Jazz for All Ages” di mana orang-orang dari berbagai usia dapat datang dan menikmati musiknya.
Pada tahun 2011, ia mendirikan lebel rekamannya sendiri 9245 Records.
Mikami juga menulis dua buku instruksional piano jazz dalam bahasa Jepang “Jazz Piano New York Style” Volume 1 dan 2. Dia juga menulis buku “My Life as a Jazz Pianist in NY” diterbitkan oleh Zen-on Music Publication di Tokyo.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker