FestivalNews

Salihara Jazz Buzz 2022 Sukses Rampungkan Penyelenggaraan

Komunitas Salihara Arts Center telah merampungkan Salihara Jazz Buzz 2022 yang menampilkan empat rangkaian acara yang berlangsung selama sepuluh hari, sejak tanggal 13 Mei hingga 22 Mei 2022. Merayakan satu dekade penyelenggaraannya, Jazz Buzz 2022 yang mengusung tema Next Sound menyajikan penampilan dari Aryo Adhianto, Faschinating Rhythm, Agam Hamzah Project, serta Sandy Winarta dan Sri Hanuraga.

Tony Prabowo selaku kurator musik Salihara menjelaskan pemilihan tema Next Sound merupakan sebuah gagasan untuk terus mencari warna dan bentuk baru dari Jazz Buzz. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Salihara sendiri selalu menghimbau kepada seluruh penampil di Jazz Buzz untuk mengetengahkan kebaharuan.

Aryo Adhianto menjadi penampil pembuka Jazz Buzz 2022 pada 13 Mei. Bersama dengan Arief July Andra (contrabass), Filipus Cahyadi (drum), Gerinov Medaimanto (saksofon) dan Trinanda Wibisono (keyboard), Aryo menampilkan pertunjukan yang diberi nama Project U(Snake).

Terinspirasi dari keadaan di New Orleans pada awal abad 20 yang melahirkan bibit musik jazz, Project U(Snake) merupakan upaya untuk menilai kembali berbagai macam bahasa suara dalam pengalaman yang tersendiri, dengan tujuan untuk menemukan warna baru dalam urban musik utopia.

Aryo tampil membawakan tujuh lagu ciptaannya, yang berjudul Komplek City, Second Nature, Mesin Konflik, Monumental Disorder, Blueprint, Asymptonality dan U(Snake). Menggunakan banyak sample seperti musik konkret dan instrumen akustik, Tony Prabowo menilai karya yang ditampilkan Aryo Adhianto menampilkan banyak bahasa bunyi dan tekstur.

Dua hari kemudian, Jazz Buzz 2022 menampilkan Fascinating Rhythm. Band yang mengusung contemporary jazz itu beranggotakan Noah Revevalin (piano), Jonathan Prawira (clarinet), Hafiz Aga (bass), Yosua Sondakh (gitar) dan Timoti Hutagalung (drum).

Tampil membawakan empat lagu yang berjudul The Misconductor, Beautiful Flaw, Love Letter dan Groundbreaker, Fascinqting Rhythm menyajikan banyak jenis ritme dari berbagai belahan dunia, seperti samba, choro, bikutsi dan cuban.

Agam Hamzah, gitaris dan juga komposer Indonesia tampil pada tanggal 20 Mei dengan Agam Hamzah Project Concert. Tampil dalam format quintet, Agam bermain bersama Jason Mountario (bass), Kelvin Andreas (drum), Noah Revevalin (piano dan keyboard) dan Dika Chasmala (violin).

Memadukan banyak idiom dari jazz, rock, contemporary classic music dan musik etnkk, Agam membawakan empat lagu ciptaannya, yaitu Spiral Arms, Camel, Inspriration dan Major Virus.

Di hari terakhir, Jazz Buzz 2022 menampilkan Sandy Winarta dan Sri Hanuraga yang membawakan karya bertajuk Juxtaposition. Melalui karya-karya yang dibawakan, Sandy dan Sri menyajikan musik kompleks yang memadukan irama gamelan Bali dengan harmoni musik jazz.

Salihara Jazz Buzz 2022 sendiri diadakan secara daring dan dapat disaksikan melalui kanal YouTube Salihara Arts Center. Hingga saat artikel ini ditulis, tidak kurang dari 17 ribu kali video yang diunggah Salihara telah ditonton.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
WhatsApp Perlu bantuan?

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker