NewsProfile

Billy Tipton, pianis jazz yang diabadikan di rilis update Wordpress 4.9

William Lee ‘Billy’ Tipton yang saat dilahirkan 29 Desember 1914 di Oklahoma City, Oklahoma, Amerika Serikat bernama Dorothy Lucille Tipton merupakan pianis yang juga memainkan instrumen saksofon.

Tipton yang dibesarkan di Kansas City, Missouri, bersama bibi sepeninggal ibunya sebagai siswa SMA, ia tertarik pada musik, terutama jazz, belajar piano dan saksofon. 

Pada tahun 1936, Tipton memimpin sebuah band yang bermain di KFXR. Lalu ia bergabung dengan Louvenie’s Western Swingbillies. Pada tahun 1941 ia mulai menjalankan pertunjukan di Cotton Club Joplin dengan band George Meyer, lalu melakukan tur bersama Ross Carlyle, yang bermain selama dua tahun di Texas.

Pada tahun 1949, Tipton mulai berkeliling Pacific Northwest bersama George Meyer. Sementara tur ini jauh dari kesan glamor, penampilan band di Roseburg, Ruang Shalimar Oregon direkam oleh sebuah stasiun radio lokal, dan rekaman karya Tipton selama periode ini, termasuk “If I Knew Then” dan “Sophisticated Swing”. Trio yang memainkan “Flying Home” ini hampir mirip seperti Benny Goodman.

Band ini menjadi lebih sukses, mereka mulai mendapatkan karya yang lebih bergengsi, tampil bersama The Ink Spots, the Delta Rhythm Boys, dan Billy Eckstine di Boulevard Club di Coeur d’Alene, Idaho.

Tipton mulai bermain piano sendirian di klub Elks di Longview, Washington. Di Longview, ia memulai Billy Tipton Trio, yang terdiri dari Tipton pada piano, Dick O’Neil pada drum, dan Kenny Richards (dan kemudian Ron Kilde) pada bass. Trio ini mendapatkan popularitas lokal.

Nama Billy Tipton diabadikan oleh Wordpress, content management systems yang dipakai jutaan orang diseluruh dunia untuk menandai rilis WP 4.9 mereka baru-baru ini.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker