News

Trombone Shorty umumkan tour Voodoo Threauxdown 2022

Troy Andrews aka Trombone Shorty, merupakan multi instrumentalis asal New Orleans, Amerika Serikat yang selain sebagai musisi muda penuh talenta, ia juga seorang produser, aktor dan pilantropis yang tak hanya piawai dalam instrumen trombon, ia juga mahir mainkan terompet, drum, organ, dan tuba serta vokal.

Tour Trombone kali ini dimulai dari utara Amerika Serikat dan Toronto hingga keselatan negeri Paman Sam dengan misi membawa warna musik yang berakar di New Orleans seperti jazz, hip-hop hingga funk dan segala turunan dan pantulannya.

Tour Voodoo Threauxdown tahun 2022 juga menghadirkan sejumlah musisi asal New Orleans selain  Trombone Shorty & Orleans Avenue, juga Tank and the BangasBig FreediaCyril Neville the Uptown Ruler, dan The Soul Rebels. Selain itu akan ada special tribute untuk karya peletak pondasi dari pianoir funk seperti The Meters yang dipimpin oleh bassist George Porter Jr. hingga generasi penerus tongkat estafet Dumpstaphunk.

Album terbarunya berjudul Lifted saat ini sudah dapat dipesan memalui situsnya ataupun melalui label Blue Note.

***

WartaJazz pernah menurunkan tulisan tentang Jazz rasa Millenials dengan memasukkan nama Troy Andrews dalam daftar tersebut.

Sebagai musisi yang memulai tampil di panggung jazz saat masih berusia empat tahun dan diajak Bo Diddley kemampuan Trombone Shorty dalam memikat para penikmat musik sungguh luar biasa.

Tahun 2005 Lenny Kravitz memilihnya untuk bergabung dalam seksi tiup .

Trombone Shorty juga mendirikan sebuah yayasan, yang diberi nama The Trombone Shorty Foundation, sebuah evolusi dari proyek Horns for School miliknya yang berkolaborasi dengan Walikota New Orleans Mitch Landrieu dengan membantu sekolah-sekolah di seluruh New Orleans menerima instrumen berkualitas yang disumbangkan oleh Andrews secara pribadi. Misi Yayasan adalah “untuk melestarikan dan mengabadikan warisan musik kota di mana musik adalah segalanya.”

Hal ini merupakan ungkapan rasa terima kasihnya kepada mereka yang membimbingnya – termasuk saudaranya James, Cyril Neville, Wynton Marsalis, Kermit Ruffins, Walter “Wolfman” Washington, Allen Toussaint dan Lenny Kravitz – bersama dengan keinginannya untuk meneruskan warisan musik New Orleans.

WartaJazz pernah berkesempatan bertemu dan menyaksikan penampilannya di Gedung Rathaus dalam acara Vienna Jazz Festival tahun 2011 dimana dipanggung yang sama Dwiki Dharmawan & World Peace Ensemble berkesempatan pula tampil.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker