NewsProfile

Pianis Lynne Arriale dan karyanya untuk para pahlawan dimasa Covid19

Pianis Lynne Arriale telah tampil di panggung konser internasional selama 25 tahun terakhir.

Police Jazz memanggilnya “penyair dari generasinya” sementara The Guardian Inggris menulis, “Salah satu pianis paling menarik dalam jazz kontemporer”.

Dia secara konsisten dipuji karena memiliki “singular voice” sebagai pianis, pemimpin band dan komposer. JazzTimes berkata tentangnya, “Musik Lynne Arriale terletak di persimpangan sinaptik di mana otak bertemu hati, di mana tubuh bertemu jiwa. Dia adalah salah satu suara jazzdom yang paling unik.”

Peraih International Great American Jazz Piano Competition (1993) ini telah merilis sedikitnya 15 album dan telah mengisi panggung Jazz (Festival) penting seperti North Sea, Montreux, Montreal, Midem, Pori, Monterey, San Fransisco, Brisbane, Zagreb hingga Lincol Center.

Musiknya telah menjelajahi lima benua dan ia pun kerap tampil di TV dan Radio selain aktif sebagai pengajar dan juri beragam kompetisi salah duanya the Montreux Jazz Competition dan The Kennedy Center’s Mary Lou Williams Competition.

Professor of Jazz Studies dan Director of Small Ensembles di The University of North Florida di Jacksonville Amerika Serikat ini baru saja merilis album “The Lights are Always on” bersama Jasper Somsen (bass) dan E.J. Strickland (drums) lewat Challenge Records dan salah satu lagunya “Heroes” didedikasikan untuk semua pahlawan –  penyembuh, pengasuh, pembela kebenaran, dan pembela demokrasi – yang melindungi dan menjaga kita semua ditengah kondisi pandemi Covid19.

Bagaimana menurut anda karya Lynne Arriale ini?. Silakan sampaikan tanggapan anda dikolom komentar.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker