Review

Nino Katamadze & Insight – Green

Nino Katamadze ialah chanteuse asal negeri Georgia yang juga memiliki kompetensi sebagai penulis lirik dan komposer. Ia seringkali terlibat di berbagai proyek musikal dan grup sejak awal tahun 2000. Kekuatannya terletak pada vokal yang powerful, dengan kedalaman emosi di setiap penampilan, baik rekaman apalagi konser live.

Preferensi musiknya eklektik, mengusung sound khas Georgia dalam balutan jazz, world music, fusion, rock, hingga psikedelik. Bersama Insight, kelompok yang digawangi Gocha Kacheishvili (gitar), Ucha Gugunava (bas), dan David Abuladze (drum), Nino sukses melebarkan sayap lewat album-album konseptual, bermula dengan White (Moon Records, 2006) yang tersebar di Georgia, Rusia, Finlandia, Swedia, Ukraina, Perancis, Jerman, dan Italia serta terjual 700.000 kopi.

Setelah White, Nino melanjutkan “warna” albumnya dengan merilis Black, Blue, Red, dan yang terkini, Green. Mencantum sembilan trek komposisi orisinil, di album ini Nino semakin percaya diri dengan apa yang ia kerjakan. Meskipun liriknya dinyanyikan dalam bahasa Georgia, namun tak jadi soal sebab batasan itu telah luruh oleh sajian musik yang mengglobal.

Berawal nomor pembuka “Uncle Klaus,” melaju penuh energi dalam goyangan funk pula unison dan sinkopasi atraktif. Simak juga alunan minor khas Georgia atas “Gammai,” ketukan tiga dalam “If I Could,” dan scat singing memikat di komposisi “Hello John.” Sebagai konklusi ada di trek penutup bergaya folksong “Dream,” penuh imajinasi serta berkesan enigmatis.

Album: Green
Label: Moon Records, 2011

1. Uncle Klaus
2. Until
3. Vahagn
4. Gammai
5. English
6. If I Could
7. Les Oiseaux
8. Hello John!
9. Dream

Pemusik

Nino Katamadze: vokal, Rhodes
Gocha Kacheishvili: gitar
Ucha Gugunava: bas
David Abuladze: drum

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker