News

56th Montreux Jazz Festival mantapkan sustainable development

Penyelenggara diganjar Swiss Recycling Award atas inisiatif daur ulang hingga mendekati 100 persen

Di ranah Jazz Festival, tentu kita sudah tidak asing dengan Montreux Jazz Festival Swiss yang tahun ini telah memasuki usia 56 kali penyelenggaraan. Sebuah capaian luar biasa dalam konteks keberlangsungan dan keberlanjutan.

Dengan lebih dari 500 konser di tiga belas panggung yang menawarkan keragaman musik selama kurang lebih 3x akhir pekan persisnya dimulai dari 1 hingga 16 Juli 2022 dan bertempat di tepi danau Jenewa, Montreux Swiss.

Supergrup Jazz-Ethno asal Indonesia, Krakatau pernah tampil di festival bergengsi ini beberapa tahun silam dan pernah menjajal dua panggung saat itu.

Yang menarik, Festival ini mengkombinasikan antara panggung yang menggunakan tiket alias berbayar dan gratis untuk masyarakat. Selain tersedia juga akses menonton secara virtual untuk mereka yang membutuhkan.

***

Bicara soal daur ulang, penyelenggara Montreux Jazz Festival pernah mendapatkan penghargaan Swiss Recycling Award atas inisiatif daur ulang hingga mendekati 100 persen selain mengkampanyekan isu sustainable development di arena kegiatan.

Tidak tanggung-tanggung, sekitar 80 orang dikerahkan dalam sehari, untuk memastikan kebersihan area festival dan mensortir sampah dengan memastikan pengelolaan sampah berwawasan lingkungan (eco-compatible waste plant) sampai operasi pembersihan di bawah air danau sebulan setelah acara.

Dalam aspek transportasi, panitia bekerjasama dengan TGV Lyria, layanan transportasi Swiss-Perancis untuk seluruh performer atau talent yang tampil di festival yang termasuk dari 10 top Jazz Festival di Eropa ini. Upaya itu untuk mengurangi lontaran karbondioksida 20 kali lebih sedikit ketimbang menggunakan pesawat udara atau 19 kali jika dibandingkan menggunakan mobil.

***

Pada bagian pengujung dari 56th Montreux Jazz Festival akan tampil Van Morrison, Jeff Beck dengan spesial guest Johnny Depp, lalu Yussef Dayes, Loyle Carner dan Parcels serta Herbie Hancok dan Jamie Cullum. Keseluruhan nama yang disebut tadi, tiketnya sudah ludes terjual.

Festival yang didukung oleh Audemars Piguet, brand jam tangan mewah asal Swiss ini juga memutar sejumlah dokumentasi konser di Le Cinema @Lake House diantaranya Robert Glasper, Tom Misch, Tom Jones, Snarky Puppy dan lain-lain.

Sementara di La Bibliotheque atau perpustakaan di gedung yang sama memutar vinyl dari John McLauglin, McCoy Tyner, Chrles Llyod hingga Marvin Gaye.

Informasi lebih lanjut tentang festival ini silakan kunjungin laman web mereka https://www.montreuxjazzfestival.com

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker