News

East Side Jazz Initiative curi perhatian di EUROPAfest 2022

East Side Jazz Initiative sebuah combo yang di komandani pianis Nial Djuliarso telah berpartisipasi dalam kompetisi musik jazz dalam kegiatan 16th Bucharest International Jazz Competition yang menjadi rangkaian EUROPAfest 2022.

Bucharest International Jazz Competition merupakan salah satu dari tiga kompetisi jazz di Eropa dengan misi utama memperkenalkan skena Jazz Rumania dan internasional yang dihelat dari 1 hingga 9 Juli 2022.

Kompetisi yang dilaksanakan selama sembilan hari diikuti oleh 13 grup dari berbagai negara, baik kawasan Eropa, Asia maupun Amerika.

Awalnya di tahun 2007, kompetisi jazz ini melibatkan 30 grup musik dari 23 negara dan saat itu Nial Djuliarso sebenarnya juga lolos ke final namun karena kendala finansial, ia urung berangkat dan tampil.

Dengan dukungan KBRI Bucharest, rombongan yang terdiri dari Nial Djuliarso (piano), Hansen Arief (drums), Evan Sinaga (trombone), Chairul Umam (saxophone) dan Joshua Alexander (bass) – minus Dennis Junio yang visa-nya urung didapatkan hingga batal berangkat – berhasil berangkat setelah mendapatkan dukungan dengan metode crowdfunding, seperti yang diutarakannya dalam obrolan di WartaJazz Talks #54, Rabu malam (13/07).

Luigi Gageos, Director of EUROPAfest menyampaikan apresiasi khusus kepada East Side Jazz Initiative yang menampilkan performance yang sangat luar biasa. Dalam kompetisi tersebut, Dons Trio yang merupakan wakil dari Denmark keluar sebagai juara pertama, sedangkan Tangostinato dari Italia menempati urutan kedua.

 

 

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker