News

Saksofonis dan Komposer Jazz asal Belanda Tom van der Zaal keliling Indonesia

Tom van der Zaal adalah pemain saksofon dan komposer pemenang penghargaan dari Belanda. Penampilannya yang sering di tempat-tempat internasional membuatnya menjadi salah satu artis muda paling sukses di Belanda.

Tom juga memenangkan sejumlah kontes bergengsi seperti Princess Christina pada tahun 2006, dan kemudian memenangkan Penghargaan Sena Jazz (2016). Setelah bertahun-tahun meneliti dengan nama-nama seperti John Rococo, Doon Roose dan Rolf Delphos, ia memegang gelar tertinggi di Royal Conservatoire dengan selisih 9,5 (+).

Ia jugabermain di panggung dan festival seperti North Sea Jazz, Bimhuis Amsterdam dan Smalls (NYC)

Tom telah merilis album debut “Introducing Tom van der Zaal – Time Will Tell” yang menampilkan gitaris New York Peter Bernstein tahun 2019.

Album ini mendapat komentar sebagai “…new rising star in the international jazz scene” oleh Rootsime sementara Jazzenzo menyebut album itu sebagai ”One of the most impressive Dutch album releases in recent years”.

Sementara project Time Will Tell – Revisited adalah proyek terbarunya dan akan segera dirilis.

Project tersebut pernah di tampilkan secara daring – karena situasi pandemi Covid19 yang tidak memungkinkan festival director En-Route ini datang ke Indonesia saat itu dan berkolaborasi dengan Rubah dari Selatan – persisnya 6 Juni 2021 silam.

Mengutip dari laman Tom van der Zaal di Instagram, ia rencananya akan tampil disejumlah tempat selama Juli 2022 dengan rincian sebagai berikut:

15 – Workshop Yogyakarta
16 – Konser Yogyakarta
19 – Konser Semarang
21 – Workshop Jakarta
22 – Konser di Erasmus Huis Jakarta

Lebih jauh tentang Tom van der Zaal silakan mengunjungi websitenya www.tomvanderzaal.com

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker