News

3 eks personil Casiopea – Mukaiya Minoru, Tetsuo Sakurai, Akira Jimbo bentuk Katsushika Trio dan rilis album

Tandai kebangkitan industri Jazz jepang?

Bagi penikmat supergrup fusion jazz asal Jepang Casiopea, nama seperti Mukaiya Minoru (keyboard), Tetsuo Sakurai (bass) dan Akira Jimbo (drums) tentu bukan hal asing.

Tiga musisi yang pernah menjadi anggota Casiopea ini mendirikan Katsushika trio tahun 2021 lalu saat industri rekaman dan konser live sedang mengalami kelesuan.

Setelah kesuksesan serangkaian konser tahun lalu dan diikuti sold out -nya konser di Katsushika Symphony Hills Mozart Hall pada musim panas tahun ini mereka merilis video ‘Red Express’ sebagai penanda album baru yang dirilis 8 Juli 2022 kemarin.

Selanjutnya tiga musisi Jazz kenamaan ini melakukan tour keliling dan mampir ke tujuh lokasi di Jepang yaitu Hyogo, Fukuoka, Kumamoto, Ishikawa, Nagano dan Aichi.

Mereka banyak membawakan lagu-lagu hits dari Casiopea

Sampai saat ini belum ada informasi apakah mereka akan segera menggelar tour Internasional

***

Issei Noro (gitar), Minoru Mukaiya (Keyboard), Tetsuo Sakurai (bass) dan Akira Jimbo (drums) adalah personil awal Casiopea yang kerap disebut sebagai the classic Casiopea.

Selepas dua personil Akira Jimbo dan Tetsuo Sakurai keluar dan membentuk Jimsaku yang merupakan potongan dari nama belakang mereka, tinggal dua personil yang kerap disebut Casiopea 2nd.

Duo formasi awal Casiopea dengan tambahan musisi baru kembali berubah menjadi Casiopea 3rd setelah Mukaiya memutuskan keluar dan terakhir Jimbo juga kembali keluar hingga Issei Noro mengumumkan drummer pengganti dan menyebut formasi baru Casiopea-P4 untuk merebranding supergrup fusion jazz asal jepang ini.

Baca: Casiopea dari waktu ke waktu

***

Penikmat Jazz Fusion Jepang, apakah anda suka dengan karya mereka? Silakan tinggalkan komentar anda dibawah.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker