News

Perayaan 30th Charlie Parker Jazz Festival digelar di New York

Charlie Parker Jazz Festival, sebuah penghormatan tahunan kota kepada mendiang pemain saksofon eponim – sosok yang sangat terkenal, akan kembali di tahun ke-30 untuk perayaan tiga hari live jazz di lingkungan dekat tempat Charlie Parker bekerja dan tinggal, termasuk Marcus Garvey Park dan Tompkins Square yang bersejarah di Harlem Taman di East Village di New York AS.

Berlangsung 26 Agustus hingga 28 Agustus, peringatan 30 tahun ini mempertemukan para pemain veteran dan artis jazz generasi berikutnya termasuk penyanyi jazz dan band besarnya Jazzmeia and Her Noble Force, penari tap kelahiran Brooklyn Calvin Booker On Tap & Friends.

Pemain trompet dan komposer Amerika Terence Blanchard menampilkan E-Collective dan Turtle Island Quartet, bassis NEA Jazz Master Buster Williams menampilkan kuartetnya Something More dan lainnya; dan pemain saksofon jazz avant-garde legendaris Archie Shepp dengan pianis genre-bending Jason Moran, pemain saksofon pemenang multi-penghargaan Melissa Aldana, pemain trompet terkenal dunia Bria Skonberg, dan pemimpin di lapangan dan gitaris mentor Pasquale Grasso dengan suara nostalgianya.

***

Charlie Parker lahir 29 Agustus 1920 dan wafat -12 Maret 1955 merupakan pemusik jazz berkebangsaan Amerika Serikat. Sebagai pemain saksofon dan komponis, pengaruhnya terhadap perkembangan jazz dan terhadap pemusik-pemusik generasi selanjutnya sangat besar.

Parker, yang dijuluki Bird atau Yardbird, sering disejajarkan dengan Louis Armstrong dan Duke Ellington, sebagai musikus jazz yang legendaris.

Kemampuannya bermain saksofon dan berimprovisasi pada saksofonnya tidak tertandingi pada jamannya.

Pemikiran-pemikiran inovatifnya mengenai harmoni dan melodi menjadi dasar aliran bebop, walaupun sebenarnya Parker sangat membenci musik yang dimainkannya dinamakan oleh para kritikus musik sebagai “bebop”.

Sebagai pemain saksofon dan komponis, pengaruh Charlie Parker terhadap perkembangan jazz dan terhadap pemusik-pemusik generasi selanjutnya sangat besar.

Hal ini didasarkan dari sikap Duke Ellington yang tidak pernah mau musik yang dimainkannya dikategorikan sebagai musik Jazz oleh para wartawan dan kritikus musik pada saat itu.

***

Kegiatan Charlie Parker Jazz Festival diselenggarakan oleh CityParks Foundation dengan dukungan CapitalOne dan digelar di panggung Summerstage di Central Park yang berkapasitas sekitar lima ribu orang.

Dilengkapi dengan fasilitas standard dunia, memungkinkan berbagai macam pertunjukan berskala internasional untuk digelar secara rutin.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker