News

Jack McDuff, Organis Jazz paling menonjol selama era hard bop dan soul jazz.

Eugene McDuff (17 September 1926 – 23 Januari 2001), dikenal secara profesional sebagai “Saudara” Jack McDuff atau “Kapten” Jack McDuff, adalah seorang organis jazz Amerika dan pemimpin band trio organ yang paling menonjol selama era hard bop dan soul jazz di tahun 1960-an.

Namanya dipertautkan dengan gitaris George Benson karena ia yang membukakan jalan baginya.

McDuff merekam banyak album klasik di label Prestige, termasuk debut solonya Brother Jack pada tahun 1960; The Honeydripper (1961), dengan pemain saksofon tenor Jimmy Forrest dan gitaris Grant Green; Brother Jack Meets The Boss (1962), menampilkan Gene Ammons; Screamin’ (1962), dengan pemain saksofon alto Leo Wright dan gitaris Kenny Burrell; dan Saudara Jack McDuff Live! (1963),[4] menampilkan Holloway dan Benson, yang termasuk hit terbesarnya, “Rock Candy”.

Berkurangnya minat pada jazz dan blues selama akhir 1970-an dan 1980-an membuat banyak musisi jazz mengalami masa sulit. Namun pada tahun 1988, dengan The Re-Entry, direkam untuk label Muse, McDuff sekali lagi memulai periode rekaman yang sukses, awalnya untuk Muse, kemudian pada label Concord Jazz pada tahun 1991. George Benson muncul di album Color Me Blue 1992 miliknya.

Terlepas dari masalah kesehatan, McDuff terus bekerja dan merekam sepanjang tahun 1980-an dan 1990-an, dan ia melakukan tur Jepang dengan Atsuko Hashimoto pada tahun 2000.

Sang Kapten Jack McDuff, demikian ia kemudian dikenal, meninggal karena gagal jantung pada usia 74 tahun di Minneapolis , Minnesota.[

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker